PEMODELAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN MANCANEGARA DI BATAM DENGAN MENGGUNAKAN ARIMA DAN REGRESI TIME SERIES

Ely Kurniawati, One Yantri

Abstract


Sektor pariwisata memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian Indonesia, yaitu dilihat dari Dampak kepariwisataan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional di tahun 2015 sebesar 4,23 % dari PDB nasional. Demikian juga Batam dinilai memiliki potensi pengembangan sektor ini dikarenakan letak geografisnya yang strategis, yaitu berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia. Berdasarkan Kementrian Kepariwisataan, salah satu sasaran dalam pengembangan pariwisata di Indonesia adalah meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara, dengan indikator kinerja utama berupa variabel jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung. Sehingga Informasi mengenai prediksi jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Batam dapat bermanfaat untuk memberikan informasi tambahan mengenai pengembangan sektor ini.Berdasarkan analisis awal, diketahui bahwa data memiliki kecenderungan tren dan pola musiman meningkat setiap bulan Desember. Pemodelan dengan pendekatan ARIMA dan Regresi Time Series dapat digunakan pada serial data dengan kecenderungan tren dan musiman. Dalam melakukan analisis, data dibagi ke dalam 2 bagian yaitu data training dan testing kemudian dilakukan pemodelan dengan ARIMA dan Regresi Time Series. Selanjutnya masing-masing model terbaik dilakukan pengecekan asumsi residual dan dihitung nilai MAPE dan RMSE nya. Berdasarkan kedua nilai tersebut, Regresi Time Series menunjukkan nilai terendah dibanding model ARIMA sehingga dipilih Regresi Time Series sebagai model terbaik.


Keywords


Time Series, Wisman, ARIMA, Regresi Time Series

Full Text:

PDF

References


Box, G., Jenkins, G., & Reinsel, G. 2008.Time Series Analysis Forecasting and Control.Prentice-Hall Inc., New Jersey.

Chen, R. J. C, Bloomfield, P., Fu, J. S. 2003.An Evaluation of Alternative Forecaasting Methods to Recreation Visitation.Journal of Leisure Research Vol. 35 No.4, pp. 441-454.

Draper, N. dan Smith, H. 1992. Analisis Regresi terapan (edisi kedua). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kalekar, P.S. 2004.Time series forecasting using Holt-Winters exponential smoothing, Kanwal Rekhi School of Information Technology.

Lee, M.H., Suhartono. 2010. calendar variation model based on ARIMAX for forecasting sales data with Ramadhan effect.Proceeding of RCSS’10 hal. 349-361.

Makridakis. 2000.The M3 Competition: result, conclusion andimplication.International Journal of Forecasting 16 Hal. 451-476.

Makridakis, S.G., Wheelwright, S.C., Hyndman, R. J. 1998.Forecasting : Methods and Application, John Wiley & Sons Inc., New York.

Maulana, Addin. 2014.Penerapan Metode Proyeksi Kecenderungan dengan Regresi dan Rata-Rata Bergerak Studi Kasus Peramalan Tingkat Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia hingga 2025, Jurnal Kepariwisataan Indonesia Vol.9 No.4.

Rukini, Arini, P.S., Nawangsih, E. 2015.Peramalan Jumlah Kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Bali tahun 2019: Metode ARIMA.Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan Vol.8 No.2.

Wei, W. W. S. 2006.Time Series Analysis, Univariate and Multivariate Methods. Pearson.

- (2016) , Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata (LAKIP Kemenpar) tahun 2015.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.1716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.