ANALISIS EFEK SISTEM JAMINAN DAN PENERAPAN KESEHATAN, SERTA KESELAMATAN KERJA TERHADAP KARYAWAN PT. BATAMEC SHIPYARD BATAM

Debby Endayani Safitri

Abstract


Masalah keselamatan secara umum pada PT. Batamec Shipyard Batam masih perlu mendapatkan perhatian.Data cedera yang pernah terjadi yang bersifat ringan bahkan menimbulkan kematian menunjukan bahwa kecelakan kerja pernah terjadi pada tahun 2014-2015. Berdasarkan informasi dari pihak manajemen penelitian tentang penegendalian risiko ini jarang dilakukan, sementara di sisi lain fakta menujukan terjadi kecelakan sepanjang hamper tahunnya. Yang menyebabkan adanya korban luka hingga kematian.Oleh sebab itu penelitian ini menarik untuk dilakukan dalam rangka member masukan kepada perusahaan agar tercipta lingkungan kerja yang aman dan sehat untuk mencegah terjadinya kecelakaan di kemudian hari, dan juga dapat meningkatkan produktifitas kerja. Menyusun prosedur kerja menjadi salah satu prioritas penelitan dalam rangka menerapkan Jometode penelitian kuantitatif yang berbentuk angka dan sifatnya  dapat dihitung di ukur jumlahnya  untuk diolah menggunakan metode statistic  yang meliputi mempelajari dan melaporkan setiap bentuk penerapan sistem jaminan keselamtan, dan kesehatan kerja dan  memberikan penyuluhan kepada semua karyawan perusahaan dan dan menentukan jalan terbaik mengurangi masalah tersebut dan mengeliminasi bahaya menggunakan metode keselamatan, dan kesehatan kerja  pada industry galangan tersebut. Dalam penelitian ini teknik yang di gunakan untuk mengumpulkan data penelitian , yaitu dengan kuesioner sebagai instrument untuk menjawab seperangkat pertanyaan atau pernyataan tertulis kepada respondenuntuk mengetahui efek dari sistem jaminan dan penerapan keselamatan, dan kesehatan kerja. Dari hasil penelitian tersebut terdapat hasil dan pembahasan penelitian, dari kedua kuisioner yang dimana keduanya  mendapat jawaban sangat setuju yang tinggi dari para responden.


Keywords


Jaminan, Kesehatan, Keselamatan Kerja

Full Text:

PDF

References


Andhika, P.A., 2012, “Studi Sistem Instrumentasi Pada Industri Proses", http://praditakhalisandhika.blogspot.com/2012/04/penerapan-k3.html.

Arikunto, S., 2006, Prosedur Penelitian Kualitatif, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Azmi D, R., 2008, “Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan KesehatanKerja oleh P2K3 untuk meminimalkan kecelakaan kerja di PT. Wijaya

Direktorat Pengawasan Norma Keselamatan Dan Kesehatan Kerja, 2006 “Himpunan Perundang-undangan Keselamatan dan Kesehatan Kerja”.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.1718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.