MENINGKATKAN PENGUASAAN BILANGAN DENGAN MENTAL ARITMATIKA SEMPOA

Ismarti S

Abstract


Salah satu tujuan kurikulum terpenting dalam pembelajaran matematika pada tingkatan sekolah dasar baik di Indonesia maupun di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, dan  Australia adalah mengembangkan penguasaan anak mengenai bilangan (number sense). Penekanan  akan pentingnya penguasaan bilangan ini pada tingkatan sekolah dasar, tercantum dalam kurikulum  sekolah di Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, maupun Australia.

            Rendahnya   kemampuan   anak   dalam   penguasaan   bilangan,   khususnya  berhitung,  menjadi permasalahan yang serius dalam pembelajaran matematika di sekolah.  Mental aritmatika sempoa adalah suatu metode yang dapat menjadi solusi untuk meningkatkn penguasaan bilangan, khususnya berhitung.  Dengan mental aritmatika sempoa seorang anak mampu berhitung lebih cepat, mempunyai konsentrasi yang baik dan lebih kreatif sehingga dapat mencapai tingkat berfikir analisis dan logika berfikir yang benar.


Full Text:

PDF

References


AEC, 1991, A National Statement on Mathematics for Australian School, Education Council and Curriculum Coorporation, Melbourne

Cockcroft, 1982, Mathematics counts (Committee of inquiry into the teaching of mathematics in school), HMSO, London.

Depdikbud, 1993, Kurikulum Pendidikan Dasar (Sekolah Dasar), Depdikbud, Jakarta

Herman, T., 2001, Strategi Mental yang Digunakan Anak Sekolah Dasar dalam Berhitung, disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta tanggal 21 April 2001.

Kusumayanti, D (2003), Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Anak yang Mengikuti Pelatihan Mental Aritmatika dan Les Matematika, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang

NCTM, 1989, Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics, NCTM, Reston

Siswono, T.Y.E., 2009, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Anak, Universitas Negeri Surabaya, www. Diakses tanggal 22 September 2012.

Tim Litbang ASMA, 2004, Short Training: Materi Pelatihan Tingkat 1 Pendidikan Mental Aritmatika, Bandung




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v1i2.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.