Hubungan Antara Kecerdasan Linguistik Verbal Dan Kemampuan Membaca

Desi Surlitasari Dewi, Eka Wilany

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kecerdasan linguistik verbal dan kemampuan membaca teks L2 (Bahasa Inggris) pada mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Riau Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitafif dengan desain penelitian korelasi dimana terdapat dua variabel yaitu kecerdasan linguistik verbal sebagai variabel bebas dan kemampuan membaca teks L2 sebagai variabel terikat. Data penelitian didapatkan dengan menggunakan tes intelegensi verbal dan tes membaca (reading test). Sebelum dilaksanakan uji hipotesis, tes normalitas dilakukan untuk mengetahui apakah sebaran data dalam kategori normal atau tidak. Berdasarkan tes normalitas, diketahui bahwa Lhitung = 0.087 yaitu lebih rendah dari Ltabel= 0,1269 , artinya data berdistribusi normal dan dapat dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Pearson Product Moment untuk mengetahui tingkat hubungan antara kedua variabel, dengan hasil sebagai berikut, rcount = 0,680; dimana rhitung = 0,235 n=48 pada taraf signifikansi 5%. Kemudian, t test dilakukan untuk mengetahui apakah hubungan antara kedua variabel tersebut signifikan atau tidak. Adapun hasil dari t test adalah6.29 yaitu lebih tinggi dari ttabel = 2.013 Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan linguistik verbal dan kemampuan membaca teks L2.


Keywords


Kecerdasan linguistik verbal, Kemampuan membaca, Teks L2

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences. (3rd Edition). Virginia, USA:

Julie Houtz

Davoudi, M. & Chavos, M. (2016).The relationship between

Multiple Intelligences and Self Efficacy among Iranian EFL Learners.

English Language Teaching, Vol 9,199.doi: 10.5539/eltv9n6p199

Ihsan, H. N. (2017). The Actualization of Literary Learning Model Based

on Verbal – Linguistic Intelligence. International Journal of Education& Literary Studies, Vol.5.ISSN : 2202-9478

Madkour, M. & Mohamed, R.A.A.M. (2016). Identifying College Students’

MultipleIntelligences to Enchase Motivation and Language Proficiency.

English Language Teaching,Vol 9,93. doi: 10.5539/elt.v9n6p92

Patel. and M. F. Praveen M. Jain. (2008). English Language Teaching; Methods, Tools, and Technique. Jaipur: Sunrise Publishers Distributors.

Ranjbar, M Kherad and Akef, Kourosh. (2015). The Comparative Impact of Reading Comprehension and Translation Practices on EFL Learners’ Grammar Achievement. Journal of Studies in Education, Vol. 5, No. 4, pp. 51-73.

Sistani, M. & Hashemian, M. (2016). Investigating the Role of Multiple Intelligences in Determining Vocabulary Learning Strategie for L2 Learners. English Language Teaching, Vol 9, 242-243. doi: 10.5539/elt.v9n6p242.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.