ANALISIS PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN PADA BPR SEJAHTERA BATAM

Lukmanul Hakim

Abstract


Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen Pada BPR Sejahtera Batam ”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen BPR Sejahtera Batam, serta untuk menganalisis dari variabel bebas mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk BPR Sejahtera Batam. Jenis data yang di gunakan adalah data kualitatif yang di peroleh dari jawaban kuesioner yang di sebarkan kepada sejumlah responden dengan jumlah populasi 773 nasabah, jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 89 responden di tentukan dengan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%, dan teknik pengujian data pada penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda

                 Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dapat di simpulkan. Pertama terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (citra produsen) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan nilai thitung  2.051 > ttabel 1,663 serta memiliki nilai signifikan sesbesar 0,043 yang lebih kecil dari 0,05. Kedua terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (citra konsumen) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan nilai thitung  2.079 > ttabel 1,663 serta memiliki nilai signifikan sebesar 0,041 yang lebih kecil dari 0,05. Ketiga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari variabel bebas (citra produk) terhadap variabel terikat (keputusan konsumen). Hal ini terbukti dari nilai positif uji t dengan nilai thitung  2.336  > ttabel 1,663 serta memiliki nilai signifikan sebesar 0,022yang lebih kecil dari 0,05. Dari ketiga variabel  bebas diatas, variabel citra produk yang memberikan pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam memilih produk tabungan. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikan (0,022) lebih signifikan di banding variabel lainya.


Full Text:

PDF

References


Adelina, Rosa. 2010. Pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen Pizza Hut Semeru Malang. Skripsi

Alma Buchari. 2003. Pemasaran Strategik. Cetakan Kesatu, Penerbit Alfabeta, Bandung

Boyd dkk. 2000. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Jilid Satu, Edisi Kedua, Penerbit Erlangga, Jakarta

Dharmessta, Basu Swastha dan Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran : Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama, Cetakan Keempat, Penerbit BPFE, Yogyakarta

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen : Implikasi pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama, Cetakan Pertama, Penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi analisis multivariat dengan program SPSS, BP Undip

Kasmir dan Jakfar. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Prenada Media, Jakarta

Kotler, Philip, Keller, Lane, Kevin. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas, Jilid Satu, Penerbit : Erlangga, Jakarta

Riduwan dan Akdom. 2007. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik. cetakan kedua, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business : Studi Kasus UMK & LKM. Edisi Asli, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Cetakan Pertama, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta

Salusu, I. 2003. Pengambilan Keputusan Stratejik untuk Organisasi Publik dan Organisasi Nonprofit. Penerbit : Grasindo, Jakarta.

Simamora Bilson. 2008. Panduan Riset Perilaku Konsumen. cetakan ketiga, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.