PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 18 BATAM

Musripah M, Junierissa Marpaung

Abstract


Penyesuaian diri siswa yang rendah dapat menghambat perkembangan di usia remaja karena penyesuaian diri merupakan salah satu tugas perkembangan remaja. Layanan informasi dapat digunakan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan efektifitas layanan informasi dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMPN 18 Batam.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimental-desain. Dalam penelitian ini hanya ada satu kelas eksperimen yang mendapat layanan informasiĀ  dan selanjutnya dianalisis dengan paired sample statistics dengan bantuan. SPSS version 21. Penelitian ini dilakukan dengan 5 kali layanan. b) penyesuaian diri siswa sesudah diberi layanan informasi. c) pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa.

Berdasarkan analisis data ditemukan layanan informasi memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap penyesuaian diri siswa. Berdasarkan temuan di atas dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan layanan informasi siswa dalam kondisi penyesuaian diri rendah dengan kategori sangat rendah 77%, kategori rendah 11%, kategori sedang 9%, kategori tinggi 3%. Setelah diberikan layanan informasi terdapat peningkatan penyesuaian diri pada siswa kategori sangat tinggi 3%, kategori tinggi 14%, kategori sedang 66%, kategori rendah 17%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat pengaruh layanan informasi terhadap penyesuaian diri siswa yang diberikan peneliti sebanyak 5 kali layanan. Perubahan yang terjadi pada kelas eksperimen ini sangat tinggi dengan banyaknya perubahan. Hal ini terbukti tidak ada lagi siswa yang memiliki penyesuaian diri rendah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.