PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR BERBAHAN DASAR AIR LINDI DARI TPA TELAGA PUNGGUR TERHADAP PERTUMBUHAN MORFOMETRIK TANAMAN SELEDRI (Apium

Lani Puspita, Yarsi Efendi, Mar Ayunis

Abstract


Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Sampah Telaga Punggur Kota Batam setiap harinya menerima 700-800 ton sampah dan dihasilkan 25-30 ton air lindi. Air limdi tersebut potensial untuk dijadikan pupuk organik cair. Untuk melihat pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar air lindi dari TPA Telaga Punggur ini, dilakukan percobaan terhadap tanaman Seledri (Apium graveolens L). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karaketeristik pupuk organik cair berbahan dasar air lindi, (2) membuktikan adanya pengaruh pemberian pupuk organik cair berbahan dasar air lindi terhadap pertumbuhan morfometrik tanaman Seledri (tinggi dan jumlah daun), (3) Mengetahui dosis optimum pupuk untuk pemupukan tanaman Seledri, dan (4) Mengetahui perbandingan tingkat pertumbuhan tanaman Seledri yang diberikan pupuk organik berbahan dasar air lindi dengan pupuk organik cair lain (dalam hal ini Pupuk NASA). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa: (1) Kandungan Total NPK pada pupuk organik cair berbahan dasar lindi dari TPA Telaga Punggur adalah 511.37 mg/l; (2) Pemberian pupuk organik cair berbahan dasar lindi dari TPA Telaga Punggur berpengaruh signifikan dan erat terhadap pertumbuhan tanaman Seledri (dalam ini pertumbuhan tinggi tanaman dan pertambahan jumlah daun); (3) Berdasarkan dosis yang diujicobakan, dosis pupuk organik cair lindi 14 ml/L memberikan hasil pertumbuhan terbaik, walau demikian, dosis ini belum merupakan dosis optimal dan dapat dilakukan uji coba lebih lanjut dengan dosis yang lebih besar dari 14 ml/L; (4) Apabila dilihat dari variabel pertumbuhan tinggi tanaman, secara statistik pupuk organik cair lindi dan pupuk organik cair NASA memberikan hasil pertumbuhan yang sama; dan (5) Apabila dari dari variabel pertambahan jumlah daun, secara statistik pupuk organik cair lindi memberikan hasil pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan pupuk organik cair NASA.


Full Text:

PDF

References


Kusmarwiyah, R. dan Erni S. 2011. Pengaruh Media Tumbuh dan Pupuk Organik Cair terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Seledri (Apium graveolens L.). Fakultas Pertanian – Universitas Mataram. Mataram.

Muhlisah, F. 1997. Pemanfaatan Tanaman Seledri untuk Obat dalam Buletin Minggu II Juni 1997. Yayasan Pers Indonesia. Jakarta.

Parnata, A.S. 2004. Pupuk Organik Cair: Aplikasi dan Manfaatnya. Agro Media Pustaka. Jakarta.

Pracaya. 2009. Bertanam Sayur Organik. Penebar Swaaya. Jakarta.

Puspita, L. 2007. Reduksi Senyawa Nitrogen, Fosfor, Konstituen Organik, dan TSS pada Air Lindi Limpasan dengan Rawa Buatan [Thesis]. Sekolah Pasca Sarjana – Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Syahrudin. 2011. Respon Tanaman Seledri (Apium graveolens L.) terhadap Pemberian Beberapa Macam Pupuk Daun pada Tiga Jenis Tanah. Fakultas Pertanian – Universitas Palangkaraya. Palangkaraya.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i1.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.