Model Kepuasan Konsumen Provider PT. Indosat Berbasis Kualitas Layanan, Kualitas Fungsional dan Karakteristik Produk

Dini Anggraini, Aznedra Aznedra

Abstract


Bisnis penyediaan layanan telekomunikasi, kini berada pada persaingan yang cukup ketat. Persaingan yang timbul sebagai akibat banyaknya operator penyedia layanan telekomunikasi nirkabel yang melibatkan diri dengan penawaran harga dan tarif (pulsa) yang murah kepada konsumennya, mengarahkan para operator penyedia layanan telekomunikasi tersebut berjuang untuk mempertahankan kelangsungan bisnisnya dalam jumlah marjin keuntungan yang kurang menarik atau kecil bila hanya mengandalkan tarif murah tersebut sebagai satu-satunya strategi dalam merebut pasar.Data yang dianalisis adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan jenis purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian berjumlah 73 orang responden yaitu pengguna Indosat di Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji F dan uji t.Hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa Kualitas layanan, kualitas fungsional, dan karakteristik produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen Indosat di Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam, Kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Indosat di Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam, Kualitas fungsional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Indosat di Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam, Karakteristik produk berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Indosat di Fakultas Ekonomi Universitas Riau Kepulauan Batam


Keywords


Kualitas Layanan; Fungsional; Karakteristik; Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Dutka, A, 1994, AMA Handbook for Customer Satisfaction : A Complete Guidance to Research, Planning and Implementation, NTC Business Books, Lincolnwood, Illionis.

Ghozali, I., 2007, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Universitas Diponegoro Semarang

Kotler, P., and Armstrong, G., 1991, Principles Of Marketing, Seventh Edition, Prentice Hall Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.

Kotler, P., 1995, Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control, Fifth Edition, Prentice Hall International. Inc:Uper Saddle River, New Jersey..

Kuncoro, M., 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga: Jakarta.

Mowen dan Minor, 1995, Customer Behavior, Fifth Edition, International Edition, Prentice Hall Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Parasuraman, Z., Valerie, A., and Berry, L.L., 1990, DeliveryQuality Service: Balancing Customer Perception and Expectation, New York: The Free Press.

Sugiyono, 2005, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta: Bandung.

Yamit, Zulian, 2004, Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Ekonisia: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.