STRATEGI PEMERINTAH DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA BERSEPEDA DI PULAU AIR RAJA, BATAM

Winda Roselina Effendi, Linayati Lestari, Renol Renol

Abstract


Sebagai tempat wisata sejarah, Pulau Air Raja juga berpotensi dijadikan sebagai tempat wisata olahraga yakni bersepeda yang dicanangkan dari masyarakat setempat untuk menjadikan Pulau Air Raja sebagai destinasi wisata olahraga, Pulau tersebut juga masih dalam lingkungan alam yang bersih dan belum disentuh dengan perkembangan modern. Namun dikarenakan belum semua kalangan mengetahui Pulau Air Raja sebagai tujuan wisata bersepeda di Kota Batam, dalam penelitian ini peneliti akan membahas bagaimana strategi Kelurahan Air Raja sebagai pejabat setempat dalam mempromosikan Pulau Air Raja sebagai destinasi wisata bersepeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya Kelurahan Air Raja dan strategi mempromosikan Pulau Air Raja sebagai destinasi wisata sepeda, serta Pulau tersebut dapat direkomendasikan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam sebagai pulau yang berpotensi untuk wisata olahraga. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Informan penelitian utama adalah Kelurahan Air Raja, informan pendukung adalah Lurah Air Raja, Kepala Pengembangan Obyek dan Sarana Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Aktivis Gowes Pulau Air Raja, Tokoh Masyarakat dan Pemuda setempat. Dalam pelaksanaannya, strategi promosi wisata sudah berjalan baik, walupun belum sepenuhnya optimal, pengembangan wisata di Pulau Air Raja di dukung oleh program Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam berupa konsep awal membantuk pulau wisata, peran masyarakat setempat mempromosikan wisata menggunakan alat atau media promosi, seperti media sosial, Kegiatan wisata bersepeda juga membantu pendapatan ekonomi masyarakat.


Keywords


Kelurahan Air Raja, Strategi, Promosi, Wisata Bersepeda

Full Text:

PDF

References


Buku :

Adisasmita, Rahardjo. 2008. Pengembangan Wilayah: Konsep dan Teori. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Dessler, 2003. Gary. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Indeks: Jakarta.

Tunggal, Amin, W. 1998. Manajemen Mutu Terpadu. Rineka Cipta: Jakarta.

Tjiptono, Fandy, 2011. Buku Strategi pemasaran. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education. IRCISoD: Yogyakarta.

Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-dasar Pariwisata. Andi: Yogyakarta.

Karyono, Hari. 1997. Kepariwisataan. PT. Remaja Rosdakarya: Jakarta.

Marx , Karl. 2000 . Peta Pemikiran. Andi Muawiyah Ramly LKiS.

Moleong, Lexy. 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Roesdakarya: Bandung.

Moleong, Lexy J. 2008 , Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosadakarya: Bandung.

Sutopo, H.B.2002, Metodologi Pemilihan Kualitatif. UNS Press: Surakarta.

Sugiyono. 2014, Metode PenelitianKualitatif Kuantitatif, R dan D Bandung : Alfabeta.

Umar, Husein. 1999, Metodologi Penelitian : Aplikasi Dalam Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama:,Jakarta.

Jurnal :

ASDEP LITBANG KEPARIWISATAAN. 2015. Analisis Kesiapan Destinasi Dalam Rangka Pencapaian Target 20 Juta Wisman Pada Tahun 2019. KEMENTRIAN PARIWISATA

Dias Satria, Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal Dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan Di Wilayah Kabupaten Malang, Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya, Journal ofIndonesian Applied Economics Vol. 3 No. 1 Mei 2009

Gita Atiko, Dkk. Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata RI . Jurnal Sosioteknologi |Vol. 15, No 3, Desember 2016.

Hendrie Adji Kusworo dan Janianton Damanik, Pengembangan SDM Pariwisata Daerah: Agenda Kebijakan untuk Pembuat Kebijakan, ISSN1410-4946 Volume 6, Nomor I, Juli 2002 (105-120).

J. Brohman, 'New Directions in the Third World Tourism. ' Annals of Tourism Research, Vol. 23 No.1 Tahun 1996.

Nurul Nadjmi dan Budi Prayitno, Pulau Batam Sebagai Kawasan Destinasi Wisata Terpadu di Kepulauan Riau, Jurusan Arsitektur, FakultasTeknik Universitas Gadjah Mada Jl. Grafika No. 2 Kampus UGM ,Yogyakarta.

Pemerintah Kota Batam, Sejarah Pemerintahan Di Batam Modifikasi terakhir

Undang-Undang / Peraturan Pemerintah :

Undang-Undang No. 22 pasal 10 Tentang Otonomi DaerahPeraturan Daerah Kota Batam No. 2 tahun 2005 tentangPemekaran, Perubahan dan Pembentukan Kecamatan danKelurahan Dalam Daerah Kota Batam.

Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2010 tentang PengusahaanPariwisata Alam Di Suaka Margasatwa, Taman Nasional,Taman Hutan Raya, Dan Taman Wisata Alam

Bagian Tata Pemerintahan,. Data Monografi Kelurahan Air Raja,Kecamatan Galang, Kota Batam Tahun 2017 SekretariatKota Batam: 2017 .

Pemerintah Kota Batam, Peraturan Daerah Kota Batam No. 4 Tahun 2009 tentangHari Jadi Kota Batam, Bab III, Pasal 3Otorita Pengembangan Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 53 Tahun 1999 tentang PembentukanKabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir,Kabupaten Siak, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, kabupatenKuwantan Singingi dan Kota Batam.

Kantor Catatan Sipil dan kependudukan Kota Batam.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i2.2169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.