PENGARUH BOOK TAX GAP DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP PENGHINDARAN PAJAK DAN ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH TERKAIT PENGHINDARAN PAJAK

Muhammad Hidayat, Rahmayandi Mulda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah books tax gap dan kepemilikan asing berpengaruh signifikan terhadap penghindran pajak, serta menganalisis kebijakan yang sudah dilakukan pemerintah terkait penghindaran pajak. Penelitian dilakukan pada sektor industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2017-2018. Penelitian menggunakan alisis regresi linier berganda untuk menguji apakah ada pengaruh book tax gap dan kepemilikan asing terhadap penghindaran pajak. Penelusuran data pustaka dilakukan untuk menganalisis kebijakan pemerintah terkait penghindaran pajak.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial book tax gap berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak namun kepemilikan asing tidak berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak. Pemerintah sudah melakukan upaya menangkal penghindaran pajak ini dengan regulasi meskipun masih perlu untuk terus disempurnakan.


Keywords


Books Tax Gaps, Kepemilikan Asing, Penghindaran Pajak

Full Text:

PDF

References


Anggraini , 2011. Pengaruh kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing terhadap Pengungkapan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan dalam Annual Report (Studi Empiris pada Perusahaan Non Keuangan yang tercatat di BEI Tahun 2008-2009)”, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

Cheng, C. S. A., Huang, H. H., Li, Y., & Stanfield, J. (2012). The effect of hedge fundactivismon corporate tax avoidance.The Accounting Review87(5), 1493–1526.

Fadhilah, Rahmi. (2014). Pengaruh Corporate Governance terhadap Tax Avoidance. Jurnal Universitas Negeri Padang

Guire, Sean Mc., Dechun Wang dan Ryan Wilson. “Dual Class Ownership and Tax Avoidance”.American Taxation Association Midyear Meeting: Jata Conference. 2011.

Hartati, W., Desmiyawati, & Julita. (2015). Tax Minimization, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus terhadap Keputusan Transfer Pricing Seluruh Perusahaan yang Listing di Bursa Efek Indonesia. Jurnal SNA.

Ibrahim , Salihu, Annuar, Obid, 2015 Foreign investors’ interests and corporate tax avoidance: Evidence from an emerging economy Journal of Contemporary Accounting & Economics, Department of Accounting, International Islamic University Malaysia.

Kiswanto, N., & Purwaningsih, A. (2013). Pengaruh Pajak, Kepemilikan Asing, dan Ukuran Perusahaan terhadap Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur di BEI Tahun 2010-2014, Jurnal UAJY.

Kurniasih, Tommy dan Maria M. Ratna Sari. 2013. Pengaruh Return On Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi Vol 18, No.1, Halaman 58-65

Masri, Indah dan Martani, Dwi. 2012. Pengaruh Tax Avoidance Terhadap Cost Of Debt. Jurnal Program Pasca Sarjana Ilmu Akuntansi. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Resmi, S. 2014. Perpajakan Teori dan Kasus Buku 1 Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.

Suryana, Anandita Budi. (2013). “Menisik Pajak Perusahaan Global”.2013. http://www.pajak.go.id/content/article/menisik-pajak-perusahaan-global.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i3.2186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.