ANALISIS TINGKAT KEPUASAN KERJA KARYAWAN TOMO JAPANESE RESTAURANT TANJUNGPINANG

Novi Susanti, Dwi Septi Haryani

Abstract


Kepuasan kerja merupakan salah satu topik yang menarik untuk diteliti, karena kepuasan kerja dapat meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan Tomo Japanese Restaurant Tanjungpinang, menggunakan teknik analisis deskriptif yang di ambil dari hasil skor kuesioner yang diberikan kepada karyawan tersebut. Sampel penelitian yang diambil ialah keseluruhan dari populasi dikarenakan populasi dalam objek penelitian ini terbatas dengan jumlah responden sebanyak 48 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menghitung hasil % skor dari kuesioner penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa keseluruhan karyawan Tomo Japanese menyatakan kepuasan kerja yang tidak memuaskan ditinjau dari indikator pekerjaan, pembayaran upah, promosi, pengawasan dan rekan kerja serta tingkat kepuasan kerja karyawan berada pada rentang skala 2.397 dengan persentase 39,94% maka tingkat kepuasan kerja karyawan Tomo Japanesse Restaurant berada pada kategori tidak memuaskan.

Keywords


Tingkat Kepuasan Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Febrianti, F., & Prihatini, A. E. (2019). Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Ditinjau Dari Kompensasi Dan Lingkungan Kerja (Studi pada Karyawan Bagian Body & Rangka). Jurnal IlmuAdministrasi Bisnis, 8(2), 1–9.

Gimon, G. Y. M., Fatoni, A., & Minarsih, M. M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Menentukan Kepuasan Kerja Karyawan Rumah Makan Soto Seger Hj. Fatimah Boyolali. Journal Of Management, 4(4).

Hartatik, I. Puji. (2014). Buku Praktis Mengembangkan SDM. Jogyakarta: Laksana.

Myint, S. S., Leamprecha, N., Poonchareon, N., & Rurkwararuk, W. (2016). An Analysis of Employee Satisfaction of Private Banks In Myanmar. Medwell Journals, 10(2), 101–114.

Priansa, D. J. (2011). Perencanaan dan Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: CV. Andi.

Ratnasari, Sri Langgeng. (2017). Kepemimpinan. Cetakan Kedua. Surabaya: CV. Semesta Anugerah.

Ratnasari, Sri Langgeng. (2019). Human Capital MSDM. Cetakan Pertama. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ratnasari, Sri Langgeng dan Yenni Hartati. (2019). Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Cetakan Pertama. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan metode R&D (Cetakan ke). Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2011). Metodologi Penelitian Ekonomi. Yogyakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Supriyanto, Ivanti, A., & Mashareen, Z. C. (2016). Survei Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan PT X Melalui Alat Ukur Job Satisfaction Scale. 3.

Tuningrat, I. A. M., Satriawan, I. K., & Lestari, I. G. A. S. L. (2012). Analisis Tingkat Kepuasan Karyawan Terhadap Kompensasi Yang Diberikan Perusahaan (Studi Kasus Di Perusahaan Kopi Banyuatis). Jurnal Kependudukan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, III(2), 114–120.

Wicaksono, A. S., & Nurhanisah, N. (2018). Studi Deskriptif Kuantitatif Tingkat Kepuasan Kerja Dan Cara Mengekspresikan Tingkat Kepuasan Kerja Yang Rendah Pada Karyawan Dengan Masa Kerja Di Atas Tiga Puluh Tahun. Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri-Produksi, 11(1), 32–43.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i1.2324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.