PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL

Debby Endayani Safitri, Gandhi Sutjahjo

Abstract


Tujuan dari penelitian penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan disiplin terhadap kinerja pegawai pemerintah resmi di Puskesmas. Data yang digunakan dalam penelitian penelitian ini dengan cara pengambilan sampel yang jenuh dengan sensus. Populasi penelitian adalah pegawai pemerintah resmi Puskemas sebanyak 34 responden. Penanya adalah metode pengumpulan data dalam penelitian ini. Data diproses dengan menggunakan SPSS. Metode analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Regresi Linier Berganda. Hasil pengujian berdasarkan analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa variabel motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pemerintah dan disiplin kerja berpengaruh signifikan signifikan terhadap kinerja pegawai resmi di Puskesmas. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, tetapi disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja. Proposisi kepada Pegawai Resmi Pemerintah Puskesmas adalah meningkatkan disiplin.


Keywords


Motivasi, Disiplin kerja, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Aritonang, Keke. T. 2015. Kompensasi kerja, Disiplin Kerja Guru dan kinerja Guru SMP Kristen BPK PENABUR. Jurnal Pendidikan Penabur. No 4. Tahun IV. Jakarta.

Badan kepegawaian dan Diklat kota Batam. 2013. Undang – Undang Pegawai Negeri Sipil.

Hasibuan, Malayu SP. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Cetakan kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mathis dan Jackson, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Jakarta: Salemba Empat.

Mangkunegara. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahan. Cetakan Kesepuluh. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, S. L., Sutjahjo, G., and Adam. (2019). The Contribution Of Competence, Motivation, And Creativity Towards Teacher’s Performance Through Work Satisfaction. International Journal Of Engineering and Advanced Technology (IJEAT). Volume-8 Issue-5C, May 2019. 145-149. ISSN: 2249-8958. DOI:10.35940/ijeat.E1021.0585C19

Ratnasari, Sri Langgeng. 2019. Human Capital MSDM. Cetakan Pertama. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Ratnasari, Sri Langgeng dan Yenni Hartati. 2019. Manajemen Kinerja Dalam Organisasi. Cetakan Pertama. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Rivai, Veithzal. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i1.2340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.