IMPLEMENTASI SENSOR ULTRASONIK PADA ROBOT PENGIKUT OBJEK DENGAN KONTROL LOGIKA FUZZY

Reza Nandika

Abstract


Teknologi robot terus berkembang mengikuti kemajuan zaman, robot banyak digunakan dalam bidang industri, kesehatan maupun militer dengan tujuan mempermudah pekerjaan manusia. Robot beroda (Wheeled robots) adalah salah satu dari beberapa tipe robot yang telah banyak dilakukan penelitian dengan kegunaan dankeperluan seperti Object Following dan Tracking. Penelitian ini merancang sebuah robot pengikut objek (object following) dengan memanfaatkan sensor ultrasonik. Sensor ultrasonik yang dipergunakan sebanyak tiga unit yang di aplikasikan untuk mengetahui jarak keberadaan sebuah objek. Sensor ultrasonik pada bagian kiri dan kanan untuk mengetahui keberadaan dan jarak objek di sisi kiri dan kanan serta sebagai pengambil keputusan pergerakan robot ke kiri dan kanan. Sensor ultrasonik tengah, untuk mengetahui keberadaan dan jarak objek yang ada di depan serta sebagai pengambil keputusan pergerakan robot maju dan mundur. Logika Fuzzy dan PID di aplikasikan sebagai pengatur kecepatan robot. Pengiriman data informasi jarak objek di kirim melalui Bluetooth dan ditampilkan pada perangkat komputer atau tablet berbasis sistem operasi android. Hasil penelitian menunjukkan Sistem kendali PID lebih responsif dari pada penggunaan sistem  logika fuzzy karena sistem kendali PID sangat dipengaruhi oleh error yang dihasilkan dari selisih antara settpoint dan nilai variabel yang dihasilkan pembacaan sensor ultrasonik. Data informasi yang diterima oleh komputer dapat disimpan dalam format file *.CSV untuk dilakukan proses analisa


Full Text:

PDF

References


Vikram Kapila. Introduction to Robotics. [Online].

http://mechatronics.poly.edu/smart/Archive/intro_to_rob/Intro2Robotics.pdf.

Marco Susic, Stevica Graovac and Dusko Katic Aleksandar Cosic, "Combine Controller Architecture for Leader-Follower Robot Formation Control," Symposium onNeural Network Aplication in Electrical Engineering, IEEE, vol. 11, pp. 47-52, September 2012.

Jae Hoon Lee, Byung-Ju Yi, Il Hong Suh, Shin'ichi Yuta, and Si Tae Noh Eui-Jung Jung, "Marathoner Tracking Algorithms for a High Speed Mobile Robot," IEEE/RSJ International Conference on Intelligent Robots and System, September 25-30 2011.

Qurban Ullah, Furqan Ullah, and Seoyong Shin Irfan Ullah, "Integrated Collision Avoidance and Tracking System for Mobile Robot," IEEE, 2012.

Qurban Ullah, Furqan Ullah, and Seoyong Shin Irfan Ullah, "Mobile Robot Navigation with Distance Control," IEEE, 2012.

HyungSeop Lim, YoSeop Hwang, and JangMyung Lee KyoungHwan Kim, "Object-tracking robot using ultrasonic sensor and servo motor," The Fourth International Conference on Smart IT Aplications, vol. 1, September 2012.

Shuji Harimoto, Takeshi Saitoh, Ryosuke Konishi Naoki Tsuda, "Mobile Robot with Following and Returning Mode," IEEE Internationa Symposium on Robot and Human Interactive Communication, Sept. 27 - Oct. 2 2009.

Chung-Ting Li, Chwn-Chien Hsu and Ching-Ming Hong Po-Thing Huang, "Object Following Based on SURF for Mobile Robot," IEEE Global Conference on Consumer Electronics, 2012.

Furqan Ullah, Qurban Ullah Irfan Ullah, "Real-time Object Following Fuzzy Controller for a Mobile Robot," IEEE, 2011.

Nazim Mir-Nasiri, "Camera–based 3D Object Tracking and Following Mobile Robot," IEEE, 2006.

Suryono, Jadmiko Endo Susono Agus Syafrudin, "Rancang Bangun Geberator Pulsa Gelombang Ultrasonik dan Implementasinya untuk Pengukuran Antara Dua Objek," Berkala Fisika, pp. 29-31, April 2008.

OLYMPUS. (2006) Ultrasonic Tranducers Technical Notes. [Online]. https://www.olympus-ims.com/data/File/panametrics/UT-technotes.en.pdf

Slamet Hani, "Sensor Ultrasonik SRF05 Sebagai Pemantau Kecepatan Kendaraan Bermotor," Jurnal Teknologi, pp. 120-128, Desember 2010.

Lilik Gunarta. (2011, Sep.) [Online]. http://skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/SENSORULTRASONIK_lilikgunarta_12436.pdf

N. Gunasekaran, S. Rama Reddy, K. V. S. S. S. S. Sairam, "Bluetooth in Wireless Communication," IEEE Communication Magazine, june 2002.

Motor Servo. [Online]. http://www.mdp.ac.id/materi/2011-2012-1/TK322/041035/TK322-041035-859-21.pdf

Introduction to Servos. [Online]. http://www.rkessler.com/AdvRobotics-Embedded/Lessons/Lesson4/Intro2Servos.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i1.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.