ANALISIS GAYA KEPEMIMPINAN, KOMITMEN ORGANISASIONAL, BUDAYA ORGANISASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN

Endiet Jaloe Prasetiyo, Sri Langgeng Ratnasari, Lukmanul Hakim

Abstract


Menurunnya kepuasan kerja karyawan PT. Bintan Bersatu Apparel Batam yang diindikasikan dengan meningkatnya persentase ketidakkehadiran karyawan, turnover karyawan dan beberapa indikasi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, komitmen organisasional, budaya organisasi, dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Bintan Bersatu Apparel Batam secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang berasal dari sumber-sumber primer yang telah dikumpulkan melalui kuisioner. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah instrumen pengujian yang dilakukan melalui pengujian validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi Linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel komitmen organisasional berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel lingkugan kerja berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Variabel gaya kepemimpinan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Hasil pengujian secara simultan variabel komitmen organisasional, budaya organisasi, lingkungan kerja dan gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan PT. Bintan Bersatu Apparel.


Keywords


Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasional, Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Adi, A. Z., & Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Komitmen Organisasi, Penghargaan dan Kepuasan Kerja Terhadap Perputaran Karyawan Pada Perbankan Syariah di Kota Batam. Jurnal Etikonomi, 14(1).

Anoraga, P. 2014. Psikologi Kerja. Jakarta, Rineka Cipta.

Ardana, K., dan Putra, I. P. O. S. 2016. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Komitmen Organisasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Kopi Bali Factory Tour Denpasar I. E-Jurnal Manajemen Unud.

Arifin, S. 2013. Leadership (Ilmu dan Seni Kepemimpinan). Jakarta, Salemba Empat.

Batu, G. S. L., dan Ratnasari, S. L. (2014). Pengaruh Perilaku Individu, Kompensasi, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan PT. Batamindo Investment Cakrawala Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.6. No.2., Agustus 2014.

Busro, M. 2018. Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Prenadamedia Group.

Ekawati, A., dan Wardono, D. T. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Inovatif Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen.

Fitri, N., dan Nasution, A. P. 2016. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Penilaian Prestai Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT. Schneider Electric Manufacturing Batam. Bening.

Harlen, dan Lousyiana, T. T. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Tepak Manajemen Bisnis.

Hasibuan, Malayu. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Bumi Aksara.

Ismail, F. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu Sosial. Jakarta, Prenadamedia Group.

Ismail, H., dan Rahmawati, R. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Politeknik Tanah Laut Di Kabupaten Tanah Laut). Jurnal Wawasan Manajemen.

Kartono, K. 2015. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta, Rajawali Pers.

Mangkunegara, A. P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perusahaan. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, D. 2015. Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Pelayanan. Bandung, Alfabeta.

Muttaqien, F. 2014. Pengaruh Kepemimpinan dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Outsourcing Pada PT. BRI (Persero), Tbk. Cabang Lumajang. Jurnal WIGA.

Ratnasari, S. L., Christiananta, B., Eliyana, A. (2012). Pengaruh Komitmen Organisasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan serta Prestasi Kerja Dosen Tetap Yayasan Perguruan Tinggi Swasta di Provinsi Kepulauan Riau. Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM). Vol. 24., No.1. April, 2012.

Ratnasari, S. L. (2016). Analisis Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Karyawan PT. Budi Jasa Batam. Jurnal Zona Manajerial. Vol.8. No.1., April 2016. Hal. 36-40.

Ratnasari, S. L., Nasrul, H. W., Nurdin, I., Susilowati, Y., and Manurung, S. (2020). Employee Performance: Organizational Commitment, Motivation, Work Ability, and Work Environment. International Journal of Advance Science and Technology. Vol. 29 No. 10S. (2020). Pp. 1074-1084. ISSN: 2005-4238.

Nirmalasari, L. 2014. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Kautsar Utama Bandung. Bandung, SMART – Study & Management Research.

Priyatno, D. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta, Mediakom.

Priyatno, D. 2016. SPSS Handbook. Yogyakarta, Mediakom.

Putra, I. G. N. M. E., dan Sariyathi, N. K. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Lingkungan Kerja dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Langgeng Laundry di Kuta, Badung. Bali, E-Jurnal Manajemen Unud.

Rahma, S., dan Suhandana, G. A. 2013. Kontribusi Efektivitas Kepemimpinan, Budaya Oranisasi dan Etos Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Balai Diklat Keagamaan Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Ritawati, A. 2013. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Karyawan serta Dampaknya pada Kepuasan Kerja Karyawan PT Jasa Marga (Persero) Kantor Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen.

Sari, T. K., dan Witjaksono, A. D. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Komitmen Organisasi Melalui Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Ilmu Manajemen.

Satyawati, N. R. M., dan Suartana, I. W. 2014. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Yang Berdampak Pada Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Sianipar, A. R. B., dan Haryanti, K. 2014. Hubungan Komitmen Organisasi Dan Kepuasan Kerja Dengan Intensi Turnover Pada Karyawan Bidang Produksi Cv. X. Journal Psikodimensia.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Sujarweni, V. W. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta. PT Pustaka Baru.

Sunyoto, D. 2013. Perilaku Organisasional. Yogyakarta, Centre for Academic Publishing Service.

Sunyoto, D. 2015. Penelitian Sumber Daya Manusia. Yogyakarta, Centre for Academic Publishing Service.

Suprapta, M., Sintaasih, K. D., dan Riana, I. G. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Wake Bali Art Market Kuta-Bali ). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana.

Supriyanto, A. S., dan Maharani, V. 2013. Metodologi Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Malang, UIN Maliki Press.

Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta, Prenadamedia Group.

Wahyuni, E. S., Taufik, T., dan Ratnawati, V. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi, Locus of Control , Stress Kerja Terhadap Kinerja Aparat Pemerintah Daerah Dan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris Pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis). Jurnal Manajemen.

Waluyo, M. 2015. Manajemen Psikologi Industri. Jakarta, Indeks.

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Jakarta, Rajawali Pers.

Zainal, V. R., Ramly, M., Mutis, T., dan Arafah, W. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori ke Praktik. Jakarta, Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.