EFISIENSI IMPLEMENTASI E-PROCUREMENT DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008-2012

Muhammad Solihin

Abstract


e-procurement menjadi salah satu cara untuk melakukan transparansi dalam pengembangan e-government di Kota Yogyarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hal ini dikarenakan penulis ingin mengidentifikasi dan mendeskripsikan efisiesi e-procurement di Kota Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai efisiensi E-Procurement di Kota Yogyakarta dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pengadaan barang dan jasa pada tahun 2008-2012 terjadi efisiensi anggaran. Efisiensi anggaran tersebut di buktikan dengan adanya efisiensi tiap tahunnya. (2) Efisiensi operasional dalam pelaksanaan E-Procurement dapat menghemat waktu pelaksanaan pengadaan barang dan jasa. Proses pengadaan barang dan jasa di Kota Yogyakarta secara elektronik terbukti lebih cepat dibandingkan system konvensional. e-procurement yang menggunakan internet tidak membutuhkan waktu bertatap muka antara penyedia dan panitia pengadaan barang dan jasa. Hal ini dapat memungkinkan peningkatan sisi objektivitas dalam menentukan siapa pemenang lelang, sehingga dapat menekan terjadinya penyelewengan.


Keywords


Kedisiplinan; Produktivitas Kerja; Pegawai

Full Text:

PDF

References


Andrianto, Nico. 2007. Good e-Government: Transparansi dan Akuntabilitas Publik Melalui e-Government. Malang: Banyumedia Publishing.

Keputusan Presiden No 80 Tahun 2003 tentang pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah

Kumorotomo, Wahyudi. 2008. Pengembangan e-government Untuk Peningkatan Transparansi Pelayanan Publik Studi Kasus UPIK di Pemkot Jogjakarta dan E-Procurement di Pemkot Surabaya. Diunduh dari https://s.id/j4uJa tanggal 4 Juni 2020

Kristiansen, Stein. 2006. Transparency in Public Services, Policy Forum, Magister Administrasi Publik. UGM: Mimeo

Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Presiden No 54 Tahun 2010 tentang pengadaan barang/jasa pemerintah

Purwanto, Erwan Agus dan Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2012. Implemetasi Kebijakan Publik, Konsep, dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gava Media.

Sutedi, Adrian. 2012. Aspek Hukum Pengadaan Barang & Jasa dan Berbagai Permasalahannya. Ed. 2, Jakarta: Sinar Grafika.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.