ANALISIS PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA PT. PULAU BINTAN DJAYA KABUPATEN BINTAN

Bambang Sambodo, Rosleli Rosleli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga pokok produksi dengan menggunakan Metode Activity Based Costing (ABC) pada kedua produk perusahaan yaitu SIR 10 dan SIR 20. PT. Pulau Bintan Djaya Kabupaten Bintan melakukan perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan sistem tradisional. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian komparatif kualitatif, yaitu membandingkan perhitungan harga pokok produksi menurut PT. Pulau Bintan Djaya Kabupaten Bintan dengan harga pokok produksi menurut Metode Activity Based Costing, sumber data yang dipakai adalah data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi pustaka. Activity Based Costing merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh perhitungan harga pokok produksi yang lebih akurat. Perhitungan dengan Metode Activity Based Costing memberikan data informasi yang lebih akurat dan terperinci dibandingkan dengan sistem tradisional. Berdasarkan hasil penelitian dari bulan Januari sampai bulan Desember 2018, perhitungan harga pokok produksi menurut PT. Pulau Bintan Djaya Kabupaten Bintan dibandingkan dengan harga pokok produksi menurut Activity Based Costing mengalami selisih, baik undercosted maupun overcosted yang disebabkan perbedaan pembebanan biaya overhead pabrik.


Keywords


Metode Activity Based Costing; Sistem Tradisional; Harga Pokok Produksi

Full Text:

PDF

References


Blocher, Edward J, David E Stout, dan Gary Cokins. 2011. Manajemen Biaya: Penekanan Strategis. Buku Satu. Diterjemahkan oleh David Wijaya. Jakarta: Salemba Empat.

Carter, William K. 2009. Akuntansi Biaya. Edisi 14. Buku Satu. Diterjemahkan oleh Krista. Jakarta: Salemba Empat.

Dunia, F. A., & Abdullah, W. (2012). Akuntansi Biaya Edisi 3. Salemba Empat.

Garrison, H Ray dan Eric W Noreen. 2010. Akuntansi Manajerial. Buku Satu. Diterjemahkan oleh Totok Budi Santoso. Jakarta: Salemba Empat.

Hansen, Don R dan Mowen, Maryanne M. 2010. Manajemen Biaya: Akuntansi dan Pengendalian. Buku Satu. Diterjemahkan oleh Thomson Learning. Jakarta: Salemba Empat.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi penelitian kualitatif untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Horngren, Charles T, Srikant M Datar, dan George Foster. 2018. Akuntansi Biaya: Penekanan Manajerial. Jilid Satu. Diterjemahkan oleh Lestari. Jakarta: Erlangga.

Kamaruddin, Ahmad. 2013. Akuntansi Manajemen. Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers Mulyadi. 2003. Activity Based Costing Sytem Edisi ke 6. Cetakan ke Satu. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Nazir, Moh. 2019. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prastiti, A.E.D., Saifi, M., dan Zahro, Z.A. (2016). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Metode Activity Based Costing System (Sistem ABC) Studi Kasus Pada CV. Indah Cemerlang Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 39 No. 1 Oktober 2016.

Neneng, H. (2017). Akuntansi Biaya. Jakarta: CV. Pustaka Setia.

Ratnasari, S.L. (2018). Manajemen Operasi. Batam: UNRIKA Press.

Sujarweni, V. W. (2016). Akuntansi Manajemen Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.