PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA MINIMARKET ALFAMIDI KOLAKA

Sudarnice Sudarnice

Abstract


Persaingan di dunia bisnis sekarang sudah semakin ketat. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis ritel seperti Minimarket Alfamidi Kolaka. Agar pelanggan menjadi loyal dan tidak berpindah ke tempat lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggannya. Loyalitas pelanggan dapat diciptakan melalui kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Secara khusus, penelitian ini membahas tentang loyalitas pelanggan Minimarket Alfamidi karena merupakan minimarket baru di Kabupaten Kolaka. Penelitian ini menguji variabel independen yaitu kualitas layanan dan kepuasan pelanggan yang dapat mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedua variabel independen tersebut terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 pelanggan Minimarket Alfamidi yang diperoleh dengan menggunakan teknik accindental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui koefisien regresi (R2), uji F, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui uji F dan uji t, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,900 menunjukkan 90% variasi loyalitas pelanggan Minimarket Alfamidi yang dapat dijelaskan oleh variabel independen tersebut, dimana sisanya 10% dijelaskan oleh faktorfaktor lain di luar penelitian ini.


Keywords


Kualitas Layanan; Kepuasan; Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Agustina, Vina, 2012 Analisis pengaruh kualitas Pelayanan, kepuasan pelanggan, dan Nilai pelanggan dalam Meningkatkan loyalitas pelanggan Joglosemar Bus, Jurnal Bisnis dan Manajemen Universitas Diponegoro Semarang

Atmawati, R dan M, Wahyudin. 2017. Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Matahari departemen Store di Solo Grand Mall. Surakarta: Jurnal Daya Saing, Program UM-UMS

Bahri. 2010. Analisis Pengaruh Harga, Pelayanan Atmosphere Kenyamanan, Keragaman Produk dan Desain Toko, dan Desain Toko Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gardena Departement Store). Laporan Penelitian. Fakultas Ekonomi Universitas Ahmad Dahlan.

Bahri, Dinda Monika Mediana, 2010. “Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Hubungan Emosional Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi pada Bank BRI Cabang Pattimura Semarang)”, Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, Semarang.

C. Mowen, John dan Michael Minor. 2012. Perilaku Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

D. Firmansyah dan Prihandono. 2018. Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

J Peranginangin. 2019. Studi Peningkatan Loyalitas Pelanggan Ritel (Studi Kasus Toko Amelina), Universitas Dipanegoro.

Kotler, Amstrong. 2011. Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. 2016, Marketing management. (12th ed.), Prentice Hall, New Jersey.

Lovelock, Christopher, 2014, Service Marketing and Management, Prentice Hall, New Jersey.

Michelle dan Hotlan Siagian. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Cafe Zybrick Coffee & Cantina, Journal Agora Vol. 7, No. 1.

Parasuraman, A, Valerie A. Zeithaml, Leonard L. Berry. 2018 Servqual: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perception of Service Quality. Journal of Retailing Vol. 64 No. 1, pp 12-37.

Peter dan Olson. 2014. Perilaku Pelanggan dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Putri Mawar Padmawati. 2017. Pengaruh Harga, Pelayanan, Lokasi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Volume 2. No 6

Rahmat. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Nilai pelanggan terhadap kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Nasabah Bank mandiri. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol. V tahun 2009

Setiandini, Mita, 2010, “Analisis pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Nani’s Butik”, Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Starini, Hygid. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Toko Basuki JayaYogyakarta).Skripsi Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta

Wardani. 2014. Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Toko Buku Gramedia Solo Square Surakarta. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Wyckof, 2012, Prinsip Pemasaran, Edisi Ketujuh, Jilid I, Erlangga, Jakarta.

Zeitahml, VA. 2018. Consumer Perception of Price, Quality and Service, A Means Model and Syntesis of Exidence. Journal of Marketing.Vol 52. July. P. 2-22.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.