DAMPAK PANDEMI COVID19 TERHADAP PEMANFAATAN E LEARNING

Reni Wijaya, Mustika Lukman, Dorris Yadewani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak pandemi covid19 terhadap pemanfaatan e learning. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplorasi dan pendekatan penelitiannya menggunakan metode studi kasus kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan informasi kendala dan akibat dari pandemic COVID-19 terhadap pemanfaatan e-learning. Dalam penelitian ini responden sebanyak 12 orang yang terdiri dari enam orang dosen yang diberi inisial D1, D2, D3, D4, D5, D6 dan enam orang mahasiswa yang diberi inisial M1, M2, M3, M4, M5, M6. Wawancara semi-terstruktur dilakukan dan daftar pertanyaan disusun untuk wawancara dikembangkan berdasarkan literatur terkait. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa kendala yang dialami oleh dosen dan mahasiswa dalam pemanfaatan e learning yaitu sinyal yang lemah, server yang down dan sulit diakses,  penambahan biaya kuota internet, jam ngajar dosen menjadi  tidak terbatas,  kurangnya komunikasi dan sosialisasi antar mahasiswa dan dosen, penguasaan dalam penggunaan e learning yang masih rendah dan  penguasaan materi yang rendah pada matakuliah praktek. Selain itu adanya pemanfaatan e learning dapat mengurangi biaya (ongkos) bagi dosen luar kota dan waktu ngajar menjadi fleksibilitas, memudahkan melakukan pemutakhiran bahan ajar an pemeriksaan tugas . Sehingga dapat disimpulkan adanya pandemic covid 19 memberikan dampak positif dan dampak negative dalam pemanfaatan e learning.


Keywords


Virus Corona; Pembelajaran jarak jauh; Media pembelajaran jarak jauh

Full Text:

PDF

References


Alhojailan, M. . (2012). Thematic Analysis : A Critical Review Of Its Process and Evaluation. West East Journal of Social Sciences, 1, 39–46.

Bernard. (2000). Social research methods: qualitative and quantitative approaches. Sage Publications.

Box, I. (2014). How many interviews are needed in a qualitative research? Is there any rule or popular practice? https://www.researchgate.net/post/How_many_interviews_are_needed_in_a_qualitative_research_Is_there_any_rule_or_popular_practice/52dedf6ad039b169068b4644/citation/download.

Braun, V. and Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. 77–101. Qualitative Research in Psychology 3, 77–101.

Brown, D. H. (2000). Principles of Language Learning and Teaching. Longman.

Creswell. (2009). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches . Sage Publications.

Creswell, J. (2003). Research design: qualitative, quantitative, and mixed method approaches. SAGE.

Darmawan. (2012). Teknologi Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.

Dorris Yadewani, E. P. S. B. (2016). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Amik Jayanusa Padang (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal J-Click, 3.

Empy Effendi, H. Z. (2005). E-learning Konsep dan Aplikasi. Andi.

Kamarga. (2000). Sistem E-Learning. Salemba Empat.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Kemdikbud, R. (2020). Edaran Tentang Pencegahan Wabah COVID-19 di Lingkungan Satuan Pendidikan Seluruh Indonesia.

Kementrian, D. N. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi COVID-19 Bagi Pemerintah Daerah. https://doi.org/10.1017/ CBO9781107415324.004.

Kesehatan, K. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19).

Kumar, J. (2002). Aplikasi E-Learning dalam Pengajaran dan Pembelajaran di Sekolah Malaysia.

Permana, G. K., & Maulana, A. (n.d.). Persepsi Siswa Dan Guru Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-Learning Di Smk Negeri 4 Jakarta. 111–117.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/PIP.341.1 DOI:

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology, and Counseling, 2, 1–12. https://www.researchgate.net/publication/340661871_Studi_Eksploratif_Dampak_Pandemi_COVID-19_Terhadap_Proses_Pembelajaran_Online_di_Sekolah_Dasar

Siahaan, S. (2002). Analisis Motif Mengajar Guru dalam Membangun Pemahaman Instrumental dan Pemahaman Relasional Siswa dengan Menggunakan Skema Pemecahan Masalah Berdasarkan Model Argumentasi Toulmin. Bandung: SPs. UPI.

Tafiardi. (2005). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui E-Learning. Pendidikan Penabur.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.