PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PERANGKAT DESA SONDOSIA KECAMATAN BOLO KABUPATEN BIMA

Muhlis Muhlis, Rusli Rusli

Abstract


Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai cara dari seorang pemimpin, dalam mengarahkan, mendorong, dan mengatur semua unsur-unsur didalam suatu organisasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang akan dicapai, sehingga menghasilkan kinerja pegawai yang maksimal. Untuk meraih tujuan tersebut harus di upayakan bagaimana cara seorang pemimpin dapat memberikan dorongan semangat kerja kepada pegawai, agar sasaran maupun tujuan yang di rencanakan secara bersama dapat mencapai target. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi terhadap kepuasan kerja Perangkat Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 38 perangkat desa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga keseluruhan populasi digunakan sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien deteminasi, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji statistik secara parsial gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perangkat desa Sondosia, motivasi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan kerja perangkat desa Sondosia dan secara simultan atau bersama-sama variabel gaya kepemimpinan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja perangkat desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.


Keywords


Gaya Kepemimpinan; Motivasi; Kepuasan Kerja

Full Text:

PDF

References


Ahmad A, Mudayana 2012, Pengaruh Motivasi dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Rumah Sakit Nur Hidayat Bantul.

Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Erlangga.

Bungin, 2013, Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi,. Jakarta : Kencana Prenada Media.

Donni Junni Priansa 2014, Perencanaan & Pengembangan SDM, Penerbit Bandung: Alfabeta

Edy Sutrisno. 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Penerbit Kencana

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM. SPSS 21, Badan Penerbit. Universitas Diponegoro, Semarang.

Kismono, Gugp. 2013. Bisnis Pengantar. Edisi Dua. BPFE UGM: Yogyakarta.

Luksono P dan A Yunianto, 2099. Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Mediasi (Studi Pada Perangkat Desa Se Kecamatan Batang Kabupaten Batang). Jurnal Manajemen TEMA Vol 6 Edisi 1, Maret 2009 hal 1-18.

L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (Edisi 10). Jakarta : Salemba Empat.

Malayu S.P. Hasibuan. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mathis, L. & Jackson, Robert H, 2011. Human Resources Management, Jakarta : Edisi 10, Salemba Empat

Muhammad, Z, Taufiqillah, 2018. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perangkat Desa Dengan Kepuasa Kerja Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Perangkat Desa Kec Gemuh Kab. Kendal). Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi. No. 45 / Th. XXV / Oktober 2018

Noack, Pariaribo, 2012. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Perencanan Pembangunan Daerah Di Kabupaten Supiori. Jurnal Manajemen Bisnis, Pasca Sarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Ratnasari, S. L. (2016). Analisis Faktor Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Karyawan PT. Budi Jasa Batam. Jurnal Zona Manajerial. Vol.8. No.1., April 2016. Hal. 36-40.

Robbins, Stephen P. dan Timothy . A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Edisi Keenam Belas, Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, U. dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Sixth Edition. New York: Wiley.

Sekaran, Umar. 2014, Metodologi Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Jakarta : Penerbit: Salemba Empat.

Solehah, S., dan Ratnasari, S. L. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Beban Kerja, Job Insecurity Terhadap Turnover Intention Karyawan PT. Federal Internasional Finance Cab Batam. Jurnal Dimensi. Vol.8. No.2. Hal. 210-239.

Sukanto Reksohadiprojo dan T. Hani Handoko, 2012. Organisasi: Teori Struktur dan Perilaku, BPFE. Yogyakarta.

T. Hani Handoko. 2014. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE.

Tanduklangi, N. S. L., dan Ratnasari, S. L. (2014). Pengaruh Kedisiplinan, Promosi Jabatan, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN Di Kecamatan Sekupang. Jurnal Zona Manajerial. Vol.6. No.2., Agustus 2014.

Walsa, E., & Ratnasari, S. L. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Pembina Pengangkutan Industries Batam. Jurnal Eksekutif, 13 (1).

Veithzal Rivai, Deddy Mulyadi, 2013. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Wibowo. 2012. Manajeman Kinerja. Edisi. Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Zainudin dan Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.7. No.3., Desember 2015. Hal. 14-21.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.