PENGARUH PERSEPSI DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SCOOPY DI KOTA BIMA

Dandi Alfiansyah, Ismunandar Ismunandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi dan motivasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Scoopy dikota Bima. secara parsial maupun secra simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif, dengan jenis data kuantitatif dari data primer. Populasi yang digunakan yaitu seluruh konsumen yang akan membeli sepeda motor scoopy pada dealer Astra Motor Bima yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga digunakan rumus unknown population dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden dengan  teknik sampling yang digunakan purposive sampling .Pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan studi pusaka.Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik,regresi linear berganda, korelasi berganda,uji determinasi, uji uji t dan uji f. Berdasarkan hasil analisa data yang telah dilakukan menunjukan tingakat hubungan antar variabel persepsi dan motivasi terhadap variabel keputusan pembelian sepeda motor Scoopy di kota Bima adalah sedang yaitu sebesar 0,480, dengan besarnya pengaruh variabel persepsi dan motivasi terhadap variabel keputusan pembelian adalah 23%,  secara parsial variabel persepsi dan motivasi berpengaruh secara signifikan  terhadap keputusan pembelian sepeda motor scoopy. Begitupun secara simultan persepsi dan motivasi secara bersama-sama dan signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor scoopy.

 


Keywords


Persepsi; Motivasi; Keputusan Pembelian; Sepeda Motor Scoopy

Full Text:

PDF

References


Bayu, Rizkyananda. 2013. Analisis Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kota Malang. Skripsi. Malang: Universitas Brawijaya.

Dharmmesta, Basu Swastha dan Ibnu Sukoktjo, 2017. Pengantar Bisnis Modern. Edisi Ketiga, Liberty Yogyakarta.

Ferinnadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2008. Dasar-Dasar Pemasaran. (Terjemahan oleh Alexander Sindoro), Penerbit PT. Prenhalindo, Jakarta.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survey. Jakarta: Prenada Media Group.

Mowen, John C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid 2. Edisi ke 5. Dialihbahasakan oleh Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga.

Reski. 2014. Efek Faktor Sosial dan Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian. Yogyakarta: Andi Offset.

Robbins, Stephen P dan Mary Coulter, 2010, Manajemen, Edisi Kesepuluh Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2017. Service, Quality & Satisfaction. Edisi Ketiga. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Petter, J Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Konsumen. Edisi ke 9. Dialihbahasakan oleh Diah Tantri Dwiandiani. Jakarta: Salemba 4.

Saputra, Rico. 2013. Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Universitas Kristen Petra.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.