PENERAPAN COST – VOLUME – PROFIT (CVP) SEBAGAI DASAR PERENCANAAN LABA PADA CV. USAHA BERSAMA TANJUNGPINANG

Meidi Yanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi perubahan laba perusahaan CV. Usaha Bersama dengan menggunakan analisis Cost Volume Profit, diharapkan adanya pengimplementasian analisis ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi manajemen dalam membuat perhitungan dalam perencanaan laba yang lebih akurat untuk masa yang akan datang Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, jenis data yang digunakan adalah sekunder yang diperoleh langsung dari perusahaan berupa data volume penjualan, data biaya yang diperoleh dari laporan laba rugi perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif .Hasil penelitian  menunjukan volume penjualan berfluktuasi menurun. Sementara itu Biaya yang dikeluarkan setiap tahunnya mengalami peningkatan. contribution margin perusahaan setiap tahunnya menurun. Menyebabkan laba yang diperoleh semakin rendah. analisis BEP menunjukkan perusahaan masih dapat mencapai penjualan di atas BEP, perusahaan masih dapat menghasilkan laba walaupun mengalami penurunan. Margin of safety yang diperoleh terlihat semakin menurun setiap tahunnya. Yang menyebabkan jumlah batas penurunan penjualan perusahaan menjadi semakin kecil. Operating leverage semakin meningkat tetapi tidak mampu mengungkit laba perusahaan, dapat dilihat tidak ada peningkatan dalam penjualan dari tahun ke tahun. analisis target profit menunjukkan perusahaan masih belum berhasil mencapai target laba yang diharapkan.


Keywords


Perencanaan Laba; Biaya; Jumlah, Keuntungan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, K. (2014). Akuntansi Manajemen : Dasar - Dasar Konsep Biaya Dan Pengambilan Keputusan (Kesembilan). Jakarta: Rajawali Persada.

Assa, R. L. (2013). Analisis Cost - Volume - Profit ( CVP ) Dalam Pengambilan Keputusan Perencanaan Laba Pada PT. Tropica Cocoprima, 1, 591–601. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/download/2108/1665

Budiwibowo, S. (2012). ANALISIS ESTIMASI COST-VOLUME-PROFIT (CVP) DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PERENCANAAN LABA PADA HOTEL TLOGO MAS SARANGAN. Akuntansi Dan Pendidikan, 1. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/assets/article/download/517/476

Bustami, B. (2011). Akuntansi Biaya. Jakarta: Mitra Kencana.

Carter, W. K. (2011). Akuntansi Biaya (Empat Bela). Jakarta.

Darsono, & Purwanti, A. (2013). Akuntansi Manajemen (Ketiga). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Daryono. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya.

F.Duyo, S. (2013). Analisis Cost Volume Profit Untuk Perencanaan Laba Pada Hotel Sintesa Peninsula Manado. EMBA, 1. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/1679-ID-analisis-cost-volume-profit-untuk-perencanaan-laba-pada-hotel-sintesa-peninsula.pdf

Garrison, Noreen, & Blewer. (2013). Akuntansi Manajerial (Empat Bela). Jakarta: Salemba Empat.

Hansen, & Mowen. (2011). Akuntansi Manajerial (Kedelapan). Jakarta: Salemba Empat.

Herman, E. (2013). Akuntansi Manajerial Suatu Orientasi Praktis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Hery. (2011). Akuntansi Keuangan Menengah 1. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Ikhsan, A. (2011). Akuntansi Manajemen Perusahaan Jasa (Kesatu). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Islahuzzaman. (2012). Istilah – Istilah Akuntansi & Auditing (Edisi Kesa). Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, A. P. (2014). ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT (CVP) SEBAGAI ALAT BANTU PERENCANAAN LABA (STUDI KASUS PADA PRODUKSI MOM’S JELLY UMKM PADEPOKAN SUKET SEGORO SEMARANG). Retrieved from c:%5CUsers%5CChinq%5CDownloads%5CDocuments%5Cjurnal_15008.pdf

Lestari, D. W., & Permana, D. B. (2017). Akuntansi Biaya Dalam Perspektif Manajerial (Kesatu). Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

M.Mursid. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Machfoedz, & Mahmudi. (2011). Akuntansi Manajemen (Kesatu). Jakarta: Universitas Terbuka.

Martusa, R., & Wijaya, V. (2011). Peranan Analisis Cost-Volume-Profit Dalam Upaya Merencanakan Laba Perusahaan. Akurat Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4. Retrieved from https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0ahUKEwjOvJmA78jaAhVMP48KHXHfD68QFggvMAA&url=http%3A%2F%2Frepository.maranatha.edu%2F400%2F1%2FPERANAN%2520ANALISIS%2520COST-VOLUME-PROFIT%2520DALAM%2520UPAYA%2520MERENCANAKAN.pdf&usg=A

Mulansari, D., & Ismawati, K. (2016). ANALISIS PERENCANAAN LABA DENGAN MENGGUNAKAN METODE COST-VOLUME-PROFIT (CVP) PADA PT. INDO ACIDATAMA TBK. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 14. Retrieved from c:%5CUsers%5CChinq%5CDownloads%5CDocuments%5C1728-2682-1-SM.pdf

Mulyadi. (2011). Sistem Akuntansi (Ketiga). Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya (Kelima). Jakarta: UPP STIM YKPN.

Navaneetha, B., Punitha, K., Joseph, R., Rashmi, S., Aishwariyaa, T. S., Kontribusi, K., … Krishnammal, P. (2017). ANALISIS COST VOLUME PROFIT OF NESTLE LIMITED. International Journal, 3(3). Retrieved from http://www.managejournal.com/download/390/3-2-43-649.pdf

Punniyamoorthy, R. (2017). Examining Cost Volume Profit and Decision Tree Analysis of a Selected Company. International Journal, 9, 224–233. Retrieved from http://assets.cengage.com/pdf/3185_CHE-MOWEN4EPG-10-0702-004.pdf

Raharjaputra, H. (2011). Manajemen Keuangan Dan Akuntansi : Untuk Eksekutif Perusahaan (Kesatu). Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rudianto. (2011). Penganggaran : Konsep Dan Teknik Penyusunan Anggaran. Jakarta: Erlangga.

Rudianto. (2013). Akuntansi Manajemen Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga.

Samryn. (2012). Akuntansi Manajemen : Informasi Biaya Untuk Mengendalikan Aktivitas Operasi Dan Informasi (Kesatu). Jakarta: Kencana.

Silvana, F., Sudjana, N., & Wijono, T. (2014). ANALISIS CONTRIBUTION MARGIN UNTUK MENENTUKAN TINGKAT PENJUALAN PRODUK DALAM RANGKA MEMAKSIMALKAN LABA (Studi Pada Perusahaan Timbangan X Kota Malang). Administrasi Bisnis, 15(2), 1–7. Retrieved from https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&ved=0ahUKEwi1l-6qz4_cAhXDfisKHb1TDgkQFgg_MAI&url=http%3A%2F%2Fdownload.portalgaruda.org%2Farticle.php%3Farticle%3D265064%26val%3D6468%26title%3DANALISIS%2520CONTRIBUTION%2520MARGIN%2520UNTU

Sjahrial, D., & Purba, D. (2012). Akuntansi Manajemen (Kesatu). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Soemarso. (2011). Akuntansi Suatu Pengantar (Kelima). Jakarta: Salemba Empat.

Swastha, B. (2012). Manajemen Penjualan (Ketiga). Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2012). Service Management, Meningkatkan Layanan Prima. Jakarta: ANDI.

Warindrani, A. K. (2011). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wiyasha. (2014). Akuntansi Manajemen Untuk Hotel Dan Restoran (Kedua). Yogyakarta: ANDI.

Worotitjan, E. E., & Manossoh, H. (2016). ANALISIS COST-VOLUME-PROFIT UNTUK PERENCANAAN LABA PADA UD. GUNUNG EMAS MANADO. EMBA, 4. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/11756/11349




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.