PENGARUH SERVICESCAPE DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UMA ILO PETA KOTA BIMA

Dony Eko Wirawan, Ismunandar Ismunandar

Abstract


Abstrak

Seiring dengan berkembangnya zaman, gaya hidup masyarakat kota juga mengalami perubahan, salah satu gaya hidup masyarakat kota zaman sekarang adalah kebiasaan meluangkan waktu di tempat rumah makan berinterior unik. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha adalah layanan lingkungan fisik (servicescape)dengan menyediakanInovasi Produk berupa makanan dan minuman sehingga konsumen diharapkan mendapat kepuasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  apakah terdapat pengaruh Servicescape dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Uma Ilo peta Kota Bima. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berkunjung di Uma Ilo Peta Kota Bima dengan jumlah sampel 96 orang. Teknik sampeL dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Teknik  analisis data yang digunakan adalah analisi regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Servicescape dan Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen.


Keywords


Servicescape; Inovasi Produk; Kepuasan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Cynthia Vanessa Djodjobo, Hendra N Tawas. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning di Kota Manado. Jurnal EMBA, Vol.2 No.3, September. Hal. 1214- 1224. ISSN 2303-1174 .

Crawford dan Benedetto. (2010). Marketing. New York: McGraw-Hill.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multiunivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Universitas Diponegoro.

Hightower, R. Jr, dan Shariat M. (2011). “Servicescape’s Hierarchical Factor Structure Mode”. Global Review and Economic Research, Vol. 5 No. 2 Spring: 375-398).

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management, 14th Edition.New Jersey: Prentice Hall Published.

Kotler, P., dan K. L., Keller. (2011). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan K. L., Keller. (2012). Marketing Management. Edisi 14 Erlangga: Jakarta.

Lovelock, Christiopher and Jochen Wirtz. (2011). Service Marketing People, Technology, Strategy. 7th edition. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Hall.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i2.2552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.