ANALISIS PERSEPSI KONSUMEN PADA PEMASARAN DI MEDIA ONLINE

Rival Ali Anhar, Intisari Haryati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen ketika membeli produk Fashion di Facebook dan instagram. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, dengan jenis data kuantitatif dari sumber data primer, menggunakan kuesioner dengan skala likert sebagai instrumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna facebook dan instagram di kabupaten Bima yang melakukan pembelian produk  fashion di media online facebook dan instagram yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti (Unknown Population), teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan menggunakan rumus unknown population sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 50 orang responden. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, kuesioner. dan studi pustaka. teknik analisa data yang digunakan yaitu uji validitas, uji realiabilitas dan uji one sample t test. Hasil analisa data menunjukan seluruh item pernyataan kuesioner valid dan reliabel dan dapat digunakan dalam penelitian, berdasarkan uji one sample t test menunjukan bahwa nilai t hitung sebesar 50,283. Jika di bandingkan antara nilai thitung dengan ttabel, maka thitung lebih besar dari ttabel (50,283>1,677), dan nilai Sig < 0,05 (0,000<0,05) yang artinya bahwa Persepsi Konsumen Pada Pemasaran Di Media Online lebih dari 70% dari yang diharapkan (Baik) dapat diterima.


Full Text:

PDF

References


Adler & Rodman. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Dealer Prima Motor Pasir pengaraian. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi. 4(1): 1-10.

AsraYulita, Makmur dan Andi Fahrizah. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi. 4(1): 1-10.

Chang et al. 2013. Model Perilaku Belanja Online Mahasiswa Melalui Jejaring Social Facebook. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi. Vol 1, No 2, ISSN: 2337-9723.

Ikke Kusdyah. 2012. Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran. 7(1): 25-32.

Lestari. 2013. Model Perilaku Belanja Online Mahasiswa Melalui Jejaring Social Facebook. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi.Vol 1, No 2, ISSN: 2337-9723.

Machfoedz 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Matic Di Dealer Prima Motor Pasir Pengaraian. Jurnal Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi. 4(1): 1-10.

Mahrousdan Hussein. 2013. Model Perilaku Belanja Online Mahasiswa Melalui Jejaring Social Facebook. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi.Vol 1, No 2, ISSN : 2337-9723.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i3.2717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.