PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK

T Munzir, Widodo Ismanto

Abstract


Penelitian ini mempelajari tentang pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan Wajib Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batam. KPP Pratama Batam sebagai bagian dari Direktorat Jenderal Pajak yang berperan penting dalam menjaga penerimaan negara, perlu meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memberikan kepuasan kepada Wajib Pajak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan Wajib Pajak. Penelitian ini dilakukan atau dilakukan dengan metode studi pustaka. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kesimpulan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan KPP Pratama Batam sudah baik dan Wajib Pajak telah memenuhi harapan Wajib Pajak terhadap kualitas pelayanan masyarakat yang baik.


Keywords


Wajib Pajak; Kualitas pelayanan; Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Andriani, Durri dkk. 2010. Metode Penelitian. Jakarta. Universitas Terbuka.

Auditua, Hotman. 2019. Analisis Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jatinegara. Tesis. Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia. Jakarta

Fathoni, M Khoiru Rusydi. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batu. Tesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya Malang. Malang.

Iriawan, Her Ovita Trianggono. 2010. Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Gambir Empat. Tesis. Fakultas Ekonomi. Universitas Indonesia. Jakarta.

Novelia, Kiki Rizki. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Suatu Studi Untuk Pajak Kendaraan Bermotor Di Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap Kota Depok). Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia. Jakarta

Paulina, Theresia Helena. 2008. Penerapan Kode Etik Pegawai dan Kualitas Pelayanan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Tambora. Tesis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia. Jakarta.

Triwibawa, Ajisantosa. 2012. “Analisis Kepusan Wajib Pajak Ditinjau dari Pelaynan Kerja Karyawan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sleman”. Tesis. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i3.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.