PENGARUH PELATIHAN KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN DISPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Rensi Suryanti

Abstract


Pada reformasi ini dan dampak persaingan global mendorong percepatan perubahan perbaikan kinerja. Masalah Sumber Daya Manusia saat ini masih tetap menjadi  pusat perhatian bagi suatu perusahaan untuk bertahan di era globalisasi yang diiringi dengan tingkat persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan Kantor Kecamatan Cikarang Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Dengan populasi karyawan di Kantor Kecamatan Cikarang Utara dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Untuk pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis liniear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji t menunjukan nilai t hitung 2,436 dengan nilai signifikan 0,017 yang artinya hipotesis pertama diterima dan secara parsial menunjukan ada nya pengaruh yang positif dan signifikan antara pelatihan kerja terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi memperoleh hasil uji t dengan nilai t hitung sebesar 2,229 dan nilai signifikan 0,029 yang artinya hipotesis kedua diterima dan menunjukan ada nya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Variabel disiplin kerja memperoleh hasil uji t dengan nilai t hitung sebesar 2,095 dan nilai signifikan 0,039 yang artinya hipotesis ketiga diterima dan menunjukan ada nya pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan dan dapat disimpulkan bahwa kontribusi pelatihan kerja, motivasi kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan secara bersama-sama adalah 64,5% sedangkan sisa nya 35,5%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini di Kantor Kecamatan Cikarang Utara.

 


Keywords


Pelatihan Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdillah, A. C., & Wajdi, F. (2012, Juni). Pengaruh Kepemimpinan, Stres Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Dengan Kinerja Pegawai. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 12(1).

Ayu, D. K., & Sinaulan, J. H. (2018, Oktober). Pengaruh Insentif Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bintang Satoe Dua. Jurnal Ekonomi, 20(3), 373-383.

Elizar, & Tanjung, H. (2018, September). Pengaruh Pelatihan, Kompetensi, Lingkungan Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 46-58.

Endayani, F., Hamid, D., & Djudi, M. (2015, Agustus). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kemampuan Kerja Dan Kinerja Karyawan PT. BPRS Bumi Rinjani Kepanjen. Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).

Fachreza, Musnadi, S., & Majid, M. A. (2018, Januari). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dampaknya Pada Kinerja Bank Aceh Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Manajemen, 2(1), 115-122.

Ginting, N. B. (2018, Mei). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Sekar Mulia Abadi Medan. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 3(2), 130-139.

Januari, I. C., Utami, H. N., & Ruhana, I. (2015, Juli). Pengaruh Penilaian Kinerja Terhadap Kepuasan Kerja DAn Prestasi Kerja Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 24(2).

Leatemia, S. Y. (2018, Januari). Pengaruh Pelatihan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pusat Statistik di Maluku. Jurnal Manis, 2(1).

Luthfi, R. I., Susilo, H., & Riza, M. F. (2014 , Agustus). Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Elsiscom Prima Karya, Kantor Perwakilan Surabaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 13(1).

Maduningtias, L. (2019, Juni). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Mitra Mandiri Tujuh Jakarta. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(3), 109-116.

Meilany, P., & Ibrahim, M. (2015, Oktober). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Operasional PT. Indah Logistik Cargo Cabang Pekanbaru. Jom FISIP, 2(2).

Nurdin, I. B. (2018, Januari). Faktor Faktor Motivasi Kerja Pada Karyawan Lembaga Huda Group Di Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 70-97.

Panambunan, O., Tewal, B., & Trang, I. (2017 , Juni). Pengalaman Kerja, Pelatihan Kerja, Iklim Organisasi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo. Jurnal EMBA, 5(2), 2183 - 2192.

Permatasari, J. A., Musadieq, M. A., & Mayowan, Y. (2015, Agustus). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).

Sahangggamu, P. M., & Mandey, S. L. (2014, Desember). Pengaruh Pelatihan Kerja , Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Dana Raya. Jurnal EMBA, 2(4), 514-523.

Supriatna, A., & Sutisna, M. (2016, Desember). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pdam Tirta Bumi Wibawa Kota Sukabumi. Jurnal Bisnis dan Investasi, 2(3), 43-55.

Theodora, O. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sejahtera Motor Gemilang. AGORA, 3(2), 187-195.

Triasmoko, D., Mukzam, M. D., & Nurtjahjono, G. E. (2014, Juli). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. POS Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri. Jurnal Administrasi Bisnis, 12(1).

Umi, M. Z., & Nurnida, I. (2018, Maret). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Mitra Solusi Telematika (MST) Jakarta. e-Proceeding of Management, 5(1), 1123-1129.

Untari, D. (2018, Januari). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada PT. KIE Indonesia. Cano Ekonomos, 7(1).

Widijanto, K. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Divisi Pemasaran Di PT. Sumber Hasil Sejati Surabaya. AGORA, 5(1).

Yulianti, E. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Grand Fatma Hotel Di Tenggarong Kutai Kartanegara. eJournal Administrasi Bisnis, 3(4), 900-910.

Zebua, Y., Broto, B. E., & Simanjorang, E. F. (2019, Juni). Pengaruh Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai Pada Balai Besar Pendidikan Dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial Regional V Sulawesi Di Kota Makasar. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Akuntansi, 1(1), 107-116.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i1.2834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.