PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL, DISIPLIN KERJA DAN KERJASAMA TIM TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Rahmat Hidayat

Abstract


Didalam sebuah perusahaan, sumber daya manusia merupakan aspek terpenting dalam menjalankan sebuah organisasi atau perusahaan, tanpa manusia perusahaan tidak akan beroperasi. Komunikasi internal merupakan suatu yang sangat penting bagi perusahaan, tanpa adanya komunikasi internal perusahaan tidak akan berjalan sebagaimana mestinya, karena dengan adanya komunikasi internal karyawan dapat saling memahami tanpa adanya kesalahpamahan, ini akan membuat kinerja karyawan akan semakin baik. Disiplin kerja dalam perusahaan itu juga perlu, dengan disiplin diharapkan karyawan dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya sesuai dengan aturan-aturan perusahaan sehingga pekerjaan yang kita lakukan akan berjalan efektif dan efisien. Keberhasilan perusahaan juga ditentukan dari kerjasama tim, kerjasama yang baik akan membuat perusahaan akan mudah dalam mencapai tujuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal, disiplin kerja dan kerjasama tim terhadap kinerja karyawan bagian machining pada PT Metalindo Elektronik. Jenis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Data Kuantitatif.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Dengan jumlah populasi sebanyak 67 orang karyawan, didalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah teknik sampling jenuh., maka pengambilan sampel dalam penelitian ini keseluruhan dari populasi tersebut. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Untuk pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Metode analisis yang di gunakan menggunakan uji validitas, uji realibitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t. Analisis olah data dilakukan dengan menggunakan statistik dengan alat bantu SPSS version 22. Hasil dari penelitian ini dinyatakan bahwa komunikasi internal, disiplin kerja, dan kerjasama tim secara parsial berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan bagian machining pada PT Metalindo Elektronik Cikarang.


Keywords


komunikasi internal, disiplin kerja, kerjasama tim, kinerja

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi, pandi. 2016. Concept And Indicator Human Resources Management For Management Research. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Amsyah, Zulkifli. 2017. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Aw, suranto. 2010. Komunikasi Sosial Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Azis, Abdul. Alimatus Sahra, Nur Fahmi Budi S. “ Pengaruh Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Teamwork Karyawan Pada PT.X”. Jurnal Al-Qalb, jilid 10 edisi 1, Maret 2018. ISSN : 2085-8647.

Bintarti, Surya. 2015. Metodologi penelitian ekonomi manajemen. Jakarta: mitra wacana media.

Caropeboka, ratu mutialela. 2017. Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi.

Yogyakarta: CV Andi Offset.

Darmadi. 2018. Manajemen Sumberdaya Manusia Kekepalasekolahan “Menjelitkan Produktivitas Kerja Kepala Sekolah Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi”. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Fattah, Hussein. 2017. Kepuasan kerja dan Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.

Hadi, Irwan. 2017. Buku Ajar Manajemen Keselamatan Pasien. Yogyakarta: CV Budi Utama

Hasibuan, Malayu S.P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Luh De Puryatini Putri dan Ni Ketut Sariyathi. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional, Kerjasama Tim Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Warung Mina Cabang Renon”. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 6, 2017: 3398-3430 ISSN : 2302-8912.

Mentaruk, Indah Yuwelina. Rudy steven Wenas dan Arrazi Hasan Jan. 2017. “Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di Pt. Angkasa Pura 1 (Persero) Cabang Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado)”. Jurnal EMBA, volume 5 nomor 3 september 2017, ISSN 2303-1174, d

Moorhead, Gregory dan Griffin, Ricky W. 2013. Perilaku Organisasi, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.

Nofrion. 2016. Komunikasi Pendidikan ”Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi Dalam Pembelajaran”. Jakarta: Kencana.

Novitasari, Devi dan Rony Ika Setiawan,” Pengaruh Komunikasi Internal, Pelatihan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Cv Tirto Agung Lodoyo”. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK) Vol. 2, No. 1 (2015), ISSN 2407-2680.

Priansa, Donni Juni. 2016. Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Alfabeta.

Prihantoro, agung. 2015. Peningkatan Kinerja Sumberdaya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja Dan Komitmen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Priyatno, Duwi 2016. SPSS Handbook. Yogyakarta: Mediakom.

Priyono, Marzuki dan Yoyok Soesatyo. 2016. “Influence Of Motivation And Discipline On The Performance Of Employees (Studies On, Cv Eastern Star Home In Surabaya)”. Journal of global economics, management and business research 5(3): 212-220, ISSN: 2454-2504, 2016,

Riniwati, harsuko. 2016. Manajemen Sumberdaya Manusia (Aktivitas Utama Dan Pengembangan SDM). Malang: UB Media.

Safrudin, Sri Mulyati, Rosni lubis. 2018. Pengembangan Kepribadian Dan Profesionalisme Bidan. Malang: Wineka Media.

Saleh, muwafik. 2016. Komunikasi Dalam Kepemimpinan Organisasi. Malang: UB press.

Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukoco, Badri M. 2017. Manajemen Administrasi Modern. Surabaya: Erlangga. Susanto, yohanes. 2017. Peran Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Koperasi.

Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Vinca Regina Letsoin dan Sri Langgeng Ratnasari. “Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Loyalitas Kerja Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja

Karyawan Pada PT Komunikasi Emas” VOL. 9, NO. 1 : 17-34 Maret 2020,

ISSN: 2085-9996.

West, Turner. 2016. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Wibowo , Bambang Kristianto. “Pengaruh Komunikasi Internal, Motivasi Kerja,

Dan Loyalitas Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Rumpun Bisnis Sekota Semarang”, Jurnal Stie Semarang, Vol 5, No 2, Edisi Juni 2013 (ISSN : 2252-7826).




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i1.2836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.