KRITERIA-KRITERIA MENDASAR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMILIH PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH

Hepy Hefri Ariyanto, Zicko Mauristha

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah memberikan penjelasan tentang perilaku memilih dan komponen dan kriteria yang terintegrasi bagi kesuksesan pemilihan calon kepala daerah dan dampaknya terhadap keputusan pemilihan para pemilih (sebuah studi kasus pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang). Model penelitian dikembangkan berdasarkan kriteria-kriteria yang diambil dari penelitian-penelitian sebelumnya terkait pemasaran politik, pemilihan kepala daerah dan lebih luas lagi penelitian ilmu politik. Model penelitian digunakan untuk mengidentifikasi komponen dasar yang paling penting dalam mempengaruhi keputusan pemilihan para pemilih.

Model penelitian dibagi ke dalam lima dimensi utama (yaitu atribut-atribut pribadi calon, latar belakang politik, kredibilitas calon, komunikasi calon, dan manajemen kampanye) dan bagaimana dimensi-dimensi tersebut mempengaruhi keputusan pemilihan pemilih. Selain itu, hipotesis dikembangkan untuk setiap dimensi dan juga hipotesis yang lain diajukan untuk mengukur signifikansi hubungan antara berbagai komponen dari model penelitian.

Dalam rangka mengumpulkan data yang diperlukan untuk menguji hipotesis dan menyusun kesimpulan, dikembangkan kuesioner yang terdiri dari 23 pertanyaan yang mencakup dimensi-dimensi dan hipotesis penelitian. Kuesioner dikembangkan berdasarkan instrumen yang telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya.

Pengumpulan data menghasilkan 394 kuesioner yang bisa digunakan untuk analisa selanjutnya. Metode statistik diadopsi untuk analisis data dan mendapatkan hasil penelitian. Hasil pengujian statistik mengindikasikan diterimanya semua hipotesis. Namun demikian, hasil penelitian menunjukkan signifikansi korelasi yang berbeda-beda antar komponen-komponen dalam model


Keywords


Political Marketing, Electoral Marketing, Selection decision, Voter’s

Full Text:

PDF

References


Ali, H. (2012). Pemasaran politik : Memasarkan ide atau sekadar populer ? Rekomendasi. Retrieved from Merdeka.com website: https://www.merdeka.com/khas/pemasaran-politik-memasarkan-ide-atau-sekedar-populer-.html

Bors, O. C. (2019). The Importance of Image when Developing a Powerful Political Brand. Postmodern Openings, 10(3), 72–85. https://doi.org/10.18662/po/82

Brusattin, L. (2012). Candidate visual appearance as a shortcut for both sophisticated and unsophisticated voters: Evidence from a Spanish online study. International Journal of Public Opinion Research, 24(1), 1–20. https://doi.org/10.1093/ijpor/edr040

Burhani, R. (2015, March). Politisi : setiap warga negara berhak mendirikan parpol. Retrieved from Antaranews.com website: https://www.antaranews.com/berita/487818/politisi-setiap-warga-negara-berhak-mendirikan-parpol

Carraro, L., Gawronski, B., & Castelli, L. (2010). Losing on all fronts: The effects of negative versus positive person-based campaigns on implicit and explicit evaluations of political candidates. British Journal of Social Psychology, 49(3), 453–470. https://doi.org/10.1348/014466609X468042

Eberl, J. M., & Plescia, C. (2018). Coalitions in the news: How saliency and tone in news coverage influence voters’ preferences and expectations about coalitions. Electoral Studies, 55(July), 30–39. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2018.07.004

Gischa, S. (2020). Pemilu: Pengertian, Alasan, Fungsi, Asas dan Tujuan. Retrieved from Kompas.com website: https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/15/113000169/pemilu-pengertian-alasan-fungsi-asas-dan-tujuan?page=all

Guzmán, F., Paswan, A. K., & Van Steenburg, E. (2015). Self-Referencing and Political Candidate Brands: A Congruency Perspective. Journal of Political Marketing, 14(May 2015), 175–199. https://doi.org/10.1080/15377857.2014.990837

Häusermann, S. (2011). Hausermann-Kriesi class preferences and voting (June 2011 draft).pdf. (June).

Hoegg, J., & Lewis, M. V. (2011). The impact of candidate appearance and advertising strategies on election results. Journal of Marketing Research, 48(5), 895–909. https://doi.org/10.1509/jmkr.48.5.895

Kendall, C., Nannicini, T., & Trebbi, F. (2015). How do voters respond to information? evidence from a randomized campaign. American Economic Review, 105(1), 322–353. https://doi.org/10.1257/aer.20131063

Laustsen, L. (2014). Decomposing the Relationship Between Candidates’ Facial Appearance and Electoral Success. Political Behavior, 36(4), 777–791. https://doi.org/10.1007/s11109-013-9253-1

Lawson, C., Lenz, G. S., Baker, A., & Myers, M. (2010). Looking like a winner: Candidate appearance and electoral success in new democracies. World Politics, 62(4), 561–593. https://doi.org/10.1017/S0043887110000195

Lilleker, D. (2013). Political marketing: Principles and applications. Journal of Marketing Management, 29(11–12), 1432–1434. https://doi.org/10.1080/0267257x.2013.832053

Mattes, K., Spezio, M., Kim, H., Todorov, A., Adolphs, R., & Alvarez, R. M. (2010). Predicting election outcomes from positive and negative trait assessments of candidate images. Political Psychology, 31(1), 41–58. https://doi.org/10.1111/j.1467-9221.2009.00745.x

Oscarsson, H., & Rosema, M. (2019). Consideration set models of electoral choice: Theory, method, and application. Electoral Studies, 57(July 2018), 256–262. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2018.08.003

Pérez-Armendáriz, C., & Crow, D. (2010). Do migrants remit democracy? International migration, political beliefs, and behavior in Mexico. Comparative Political Studies, 43(1), 119–148. https://doi.org/10.1177/0010414009331733

Stubager, R., Seeberg, H. B., & So, F. (2018). One size doesn’t fit all: Voter decision criteria heterogeneity and vote choice. Electoral Studies, 52, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.electstud.2017.12.002

Taber, C. S., & Lodge, M. (2016). The Illusion of Choice in Democratic Politics: The Unconscious Impact of Motivated Political Reasoning. Political Psychology, 37, 61–85. https://doi.org/10.1111/pops.12321

Winchester, T., Hall, J., & Binney, W. (2015). Evaluating young adult voter decision-making involvement within a compulsory political system. Qualitative Market Research: An International Journal, 15, 242–267. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1108/QMR-09-2013-0061




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i1.2867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.