Analisis Price Discount, In Store Display dan Store Atmoshphere terhadap Keputusan Impulse Buying pada Gramedia Solo Square di Era New Normal

Sylvia Anindita Oktaviana, Burhanudin AY, Fithri Setya Marwati

Abstract


Saat ini, beberapa perusahaan melakukan adaptasi untuk menghadapi new normal demi mengembalikan eksistensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Price Discount, In Store Display dan Store Atmosphere terhadap keputusan Impulse Buying pada Gramedia Solo Square di Era New Normal. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada 100 responden yang melakukan pembelian di Gramedia Solo Square dengan pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS Versi 15. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel Price Discount, In Store Display dan Store Atmosphere berpengaruh secara simultan. Secara parsial, Price Discount dan Store Atmosphere berpengaruh terhadap Impulse Buying. Sedangkan In Store Display tidak berpengaruh terhadap keputusan Impulse Buying pada Gramedia Solo Square di Era New Normal.

Keywords


Keputusan Impulse Buying; Price Discount, In Store Display, Store Atmoshphere

Full Text:

PDF

References


Cakraningrat, Putu Bagus Wichitakani Wahyu., Ardani, I G.A.K. Sri. 2016. Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying Di Discovery Shopping Mall. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 5, No.7, 2016: 4423-4452.

Abdullah, Hasan. 2020. Pengaruh Price Discount, Bonush Pack, Dan In Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi Kasus Pada Toko Aksesoris AA Cell Di Jalan Jombang Kota Malang) Skripsi. Fakultas Ekonmi dan Bisnis. Universitas islam Malang.

Ikhsan B. 2018. Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi Pada Konsumen Ritel Minimarket Kota Yogyakarta. Skripsi pada Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kwan, Oky Gunawan. 2016. Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening Pada Planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 10, No. 1, April 2016.

M. Wonggo, Celine., Lapian, S.L.H.V. Joyce & Rogi, Mirah H. 2020. Dampak Discount Brand Image Dan In Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Mantos 2. Jurnal EMBA. Vol.8 No.3 Juli 2020, Hal. 124 -133.

Pontoh, Marcella Engelin., jeova, Silcy Moniharapon., Roring, Ferdy. 2017. Pengaruh Display Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Department Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA Vol.5 No.2 Juni 2017, Hal. 1823–1833.

Sari, Della Ruslimah., Faisal, Ikhwan. 2018. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, Dan In-Store Display Terhadap Keputusan Impulse Buying Pada Giant Ekstra Banjar. Jurnal Sains Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 2. No.1. Maret 2018, Hal. 51- 60.

Wilujeng, Sri. 2017. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Konsumen Indomaret Di Kecamatan Sukun Kota Malang.

Yuniati S. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulsive Buying. Skripsi. Fakultas Psikolgi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Gumilang, Wayan Aris., Nurcahya, I Ketut. 2016. Pengaruh Price Discount Dan Store Atmosphere Terhadap Emotional Shopping Dan Impulse Buying. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 15, No. 3, 2016: 1859-1888.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i2.2919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.