KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBAGAI MEDIASI ANTARA GAYA HIDUP DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Di Kebun Stasiun Hidroponik Sragen)

Hediono Hediono, Sri Hartono, Sudarwati Sudarwati

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk dapat menegtahui persoalan pengaruh gaya hidup, brand turst, terhadap loyaloitas konsumen secara langsun maupun melalui keputusan pembeli sebagai perantara ataupun mediasi pada Stasiun Hidroponik Sragen. Metode penelitian ini dengan menyebar kuisioner sebanyak 100 responden di pengunjung kebun stasiun hidroponik Sragen. Pada penelitian yang telah dilakukan menggunakan software Smart PLS. Hasil analisis dapat disimpulkan pengaruh dari gaya hidup tidak signifikan terhadap keputusan pembelian pada Stasiun Hidroponik Sragen. Dengan hasil analisis pengaruh gaya hidup yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Stasiun Hidroponik Sragen, Brand trust mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Stasiun Hidroponik Sragen, Brand trust mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Stasiun Hidroponik Sragen, Keputusan pembelian mempunyai pengaruh tidak signifikan  terhadap loyalitas pelanggan pada Stasiun Hidroponik Sragen, Gaya hidup berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian pada Stasiun Hidroponik Sragen (fully mediated), pengaruh Brand trust pada loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian pada Stasiun Hidroponik Sragen (fully mediated).


Keywords


Gaya hidup, Brand Trust, Keputusan Pebelian, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Adi, Rifqi Purwo. 2013. “Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening”. Management Analysis Journal 2 (1).

Apriliani, R. Aj. EP. (2019). Pengaruh Brand Trust, Brand Equity Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro Di Wonosobo). Jurnal PPKM, Vol. 6, No. 2, 112 – 121

Ardy, Dian Ayu Puspita. 2013. Pengaruh Gaya Hidup, Fitur, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Blackberry. Jurnal Ilmu Manajemen. 1(1): pp: 223- 233.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar,& Saifuddin. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bambang, A & Meyzi H. (2017). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Konsumen Mobil Merek Toyota Kijang Innova

(Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa, 1 – 11

Damsar. 1997. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Darmianti, M & Bulan P. (2019).Pengaruh Gaya Hidup Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Pada Konsumen Klinik Kecantikan Larissa Aesthetic Center Semarang).Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 4, pp: 287-299

Engel, James. F., G. Blackwell, dan P. W. Miniard. 1994. Perilaku Konsumen. Edisi 4 Jilid 1. Jakarta: Binarupa Aksara.

Febianto, A, Djumali & Ratna A. (2020).Gaya Hidup , Pengetahuan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Ramah Lingkungan (Studi pada SUPER INDO). Jurnal Widya Ganecwara Vol. 29 No. 3 Universitas Islam Batik Surakarta.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 21.Edisi 7.Semarang : Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2002. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang :Badan Penerbit Univesitas Diponogoro.

Griffin, J. (2005). Customer Loyalty.Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hawkins, I. Del, Mothersbaught, I., David, dan Best, J.R. 2010. Consumer Behavior and Building Marketing Strategy, The Mc. Graw Hill Companies. Inc,. New York. United State of America.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i2.2942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.