STRATEGI SMA NEGERI 1 SUNGAI ROTAN DALAM MENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN

Endang Mulyaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestasi secara mendalam mengenai (1) strategi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan, (2) strategi sekolah dalam mutu sarana dan prasarana dan (3) strategi sekolah dalam mutu pengelolaan pendidikan di SMA Negeri 1 Sungai Rotan. Untuk memperoleh data di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dan Informan penelitian meliputi guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan dan peserta didik. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumenter. Kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi SMA Negeri 1 Sungai Rotan dalam meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yaitu dilakukan melalui pengawasan rutin, pendelegasian wewenang, pelatihan-pelatihan, penataran, seminar, bimbingan teknis, workshop, serta diklat, evaluasi kinerja dan keteladanan dalam kepemimpinan, Strategi meningkatkan mutu sarana dan prasarana, dilakukan dengan pemenuhan sarana prasarana secara bertahap, melakukan studi banding ke sekolah model dan memenuhi teknologi komputer. Sedangkan strategi sekolah dalam mutu pengelolaan pendidikan yang dilakukan kepala sekolah dilakukan dengan perencanaan program, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Dengan demikian secara keseluruhan strategi SMA Negeri 1 Sungai Rotan dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan menggunakan Total Quality Management yang berlangsung sesuai dengan program kerja baik jangka pendek dan jangka panjang.


Keywords


Strategi, MutuPendidikan, SMA Negeri 1 Sungai Rotan

Full Text:

PDF

References


Akbar, Reza, A, dan Tobari. 2016. Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Salah Satu Faktor Penentu Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Prosiding Seminar Pendidikan. Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang: 504-514.

Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Barnawi & M. Arifin. 2012. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ruzz Media

Danim, S. 2007 .Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara

Fahrudin, 2015. Peningkatan Kinerja Dan Pengembangan Profesionalitas Guru Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta

Haningsih, Sri .2014. Implementasi Program Mutu Pendidikan daalam meningkatkan Budaya Akademik di Madrasah Aliyah Sunan Pendanaan (Maspa) Sardoharjo Ngaglik Sleman, DIY. El-Tarbawi. Vol. 7 no. 1

Kim, Kang, M., Kim, B., M., & You, H. (n.d.).2012. Developing an Instrumen to Measure 21st Century Skills for Elementary Student

Lince, R. 2016. Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) VIII Universitas Terbuka Convention Center

Muhaimin, 2009. Manajemen Pendidikan: Aplikasi dan Penyusunan Rencana Pengembangan Madrasah. Jakarta: Prenada Media Group.

Onuma, Nwite. 2016. Principals Performance Of Supervision Of Instructions in Secondary Schooln In Nigeria. British Journal Of Education. Volume 4 No.3

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam. Malang: Erlangga.

Rohani, N.K. 2004. Pengaruh Pembinaan Kepala Sekolah dan Kompensasi Terhadap Kinerja Guru SLTP Negeri di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Dasar. 5, (1), 71-78.

Rosita, R, dkk, 2016. Usaha Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam (Studi Kasus di MTS AL-INAYAH Bandung) Vol 3, No 1

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Sallis, E. 1993. Total Quality Of Management in Education. London: Kogan Page, Ltd.

Sagala, H. Syaiful .2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta

Septi, IAY.2012. Strategi Peningkatan Mutu Manajemen Melalui Pengembangan Program Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 23 No. 5.

Suharto, 2017. The Effect Supervision, School Culture, And Work Commitment Of Job Performance Primary School In Principal Of Administrative Region Ii City West Jakarta, Journal of Education Research in Administration and Management. Volume 1 No. 3.

Susanto, A. 2010. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Solehan. 2015. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Negeri Muara Enim: 1-15.

Usman. H. 2008. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan, PT. Bumi Aksara, Jakarta.

.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i3.2963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.