ANALISIS BAURAN PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO ZAM-ZAM

Aulia Wiranti, Ismunandar Ismunadar

Abstract


 

Abstrak

Perusahaan terus berusaha untuk meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan mau membeli kembali produk pada usaha tersebut secara terus menerus, dengan cara meningkatkan bauran pemasaran dan kualitas pelayanannya. Penelitian ini berjuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Toko Zam-Zam Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah asosiatif dengan menggukana  kuesioner skala likert  sebagai instrument penelitian. Populasi yang digunakan adalah seluruh pelanggan di Toko Zam-Zam yang pernah membeli produk di Toko Zam-Zam dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti (unknown populations), sample dalam penelitian ini sebanyak 96 orang responden dengan menggunakan rumus unknown populations.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uju validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, kofisien korelasi berganda, uji determinasi ,uji t dan uji f. Hasil penelitian menenunjukan bahwa Bauran Pemasaran dan Kualitas Pelayanan Secara Bersama-Sama Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pelanggan di Toko Zam-Zam

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kualitas Pelayanan, kepuasan Pelanggan

Abstract

The company continues to strive to increase customer satisfaction so that customers are willing to buy back products in this business continuously, by increasing the marketing mix and the quality of its service. This study aims to determine and analyze the effect of the marketing mix and service quality on customer satisfaction in Zam-Zam Store, Bima City. This type of research is associative using a Likert scale questionnaire as a research instrument. The population used is all customers in Zam-Zam Shop who have bought products at Zam-Zam Shop and the number is unknown with certainty (unknown populations). The sample in this study was 96 respondents using the unknown populations formula. The data collection techniques used were observation, interviews, questionnaires and literature study. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression, multiple correlation coefficient, determination test, t test and f test. The results show that the Marketing Mix and Service Quality Together have an influence on Customer Satisfaction at Zam-Zam Stores.

Keywords: Marketing Mix, Service Quality, Customer Satisfaction

 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Tranti, 2012, Manajemen Pemasaran, Depok: PT Raja Gafindo Persada.

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Satu Nusa. Bandung.

Husna, H.2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Semoga Sukses Cell Pekanbaru). JOM FISIP. Vol. 6, No. 2, Juli – Desember 2019, Hal. 1-16.

Isrofiyah, A. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ajb Bumiputera Cabang Kebumen. Jurnal OIKONOMIA. Vol.6,No.2, Hal. 152-158.

Jacklin, R.P.M, Mandey, S. Tampenawas, J.2019. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Matahari Departmen Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA. Vol.7 No.1 Januari 2019, Hal. 431 – 440

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi XI. Salemba Empat. Jakarta.

Marnis, Nursina. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Buaran Pemasaran Bisnis Makanan dan Minuman di Bekasi Terhadap Pemenuhan Kepuasan Konsumen. Jurnal Humaniora. Vol. 1, No.2. November 2017, Hal. 36-44.

Mugiono.2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Pembeli) Di Pasar Kota Malang. Jurnal WACANA Vol. 13 No. 4, Hal.552-558, Oktober 2010 .

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tejantara, A, Sukawati, T.G.R. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Niat Pembelian Ulang (Studi Pada Oli Sepeda Motor Merek Eni di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7, No. 10, 2018. Hal.5686-5718.

Tjiptono, Fandy dan Gregorisu Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI

Tjiptono, Fandy.2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penarapan dan Penelitian.Andi.Offset, Yogyakarta.

Wijaya, T. 2011, Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1.Indeks, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v10i3.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.