PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Sofyan Sauri Hsb

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu kualitas produk, harga dan promosi dengan satu variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Penggunaan variabel dalam penelitian ini diharapkan proses yang diambil dan faktor-faktor apa saja yang mendorong terciptanya keputusan pembelian mata drop merek Rohto Cool. Ini adalah sampel penelitian konsumen pada PT. Kebayoran Pharma Batam. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan menggunakan perhitungan Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Metode analisis dokumen yang digunakan adalah analisis kuantitatif, uji reliabilitas dan validitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F, koefisien determinasi dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: secara parsial variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji t 0,339 sig> 0,05, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan a. nilai uji t 0,000 sig <0,05, serta variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji t 0,281 sig <0,05. Berdasarkan hasil perhitungan uji F, secara simultan variabel Kualitas Produk, Harga dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai 0,000 Sig F <0,05.


Keywords


Bauran Pasar; Kualitas Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchori. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arum Sari. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Online:http://.undip.ac.id/20263/Arumsari.PDF. Diakses tanggal 20mei 2013.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Cetakan 7. Rajawali Pers. Jakarta.

Azwar, Saifuddin. 2003. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. BP: Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : BP Universitas Diponegoro.

Kotler, P dan Amstrong. 2008. Manajemen Pemasaran Jilid II. Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks.

Mohammad Tambrin. Pengaruh Brand Image Terhadap Pelanggan Kartu Simpati Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Studi Manajemen. Vol 4 No.1 April 2010.

Rosvita Dua Lembang. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Cuaca Terhada Keputusan Embelian The Siap Minum Dalam Kemasan Merek The Botol Sosro.

Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.

Sepris Yonaldi. Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix)Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Frestea (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan .Vol 2 No.1 Januari 2011.

Simamora, Bilson. 2010. Pemasaran Strategik. Edisi 1,BP: Universitas Terbuka, Jakarta.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Swashta, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi 2. Yogyakarta: Liberty Offset.

Swastha, Basu. 2009. Asas-Asas Marketing Edisi 7. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2008). Service Management. Yogyakarta: Andi.

Yuni Candra. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Keterlibatan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Leasing Sepeda Motor Suzuki Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 3 No.1 Januari 2012.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i3.3156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.