ANALISIS PERENCANAAN DAN PENGAWASAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU

Sofyan Sauri Hasibuan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini sejalan dengan perumusan masalah yang diambil yaitu untuk mengetahui apakah perencanaan dan pengawasan persediaan bahan baku telah sesuai pada saat penerapannya. Penelitian merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. Metode penelitian adalah suatu kegiatan yang menggunakan metode yang sistematis untuk memperoleh data yang meliputi pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data. Data yang diperlukan pada penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang bersumber dari data primer dan data sekunder. Di dalam proses penelitian ini menggunakan tiga metode pendekatan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan kepustakaan, setelah itu data yang diperoleh dari penelitian ini akan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian diketahui bahwa perencanaan dan pengawasan persediaan bahan baku yang dilakukan belum secara efektif, karena perusahaan masih sering mengalami kelebihan ataupun kekurangan persediaan.


Keywords


Perencanaan; Pengawasan; Persediaan

Full Text:

PDF

References


Ikatan Akuntan Indonesia (2004). “Standar Akuntansi Keuangan”. http://wordpress.com. Diakses 20 Mei 2013.

Assuari, Sofyan, (2004). “Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.

Stice, Earl K, James D, Stice, dan K. Fres Skousen, 2004. Akuntansi Intermediate, Terjemahan Tim Penerjemah Salemba Empat, Edisi Kelima Belas, Jilid Satu, Salemba Empat, Jakarta.

Asade, Micky (2009). Perencanaan dan Pengawasan Persediaan Sebgai Alat Ukur tingkat Efisiensi Perusahaan Pada PT Excelcomindo Pratama, Tbk Medan. Skripsi, Universitas Sumatera Utara. Medan.

Harahap, Syaparuddin (2011). Analisis Perencanaan dan Pengawasan Persediaan Barang DAgangan Dengan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Pada PT Fastfood Indonesia Cabang Medan. Skripsi Universitas Sumatera Utara. Medan.

Kurnia, Ahmad (2009). “Skala Pengukuran”. http://skripsi,ahasiswa.blogspot.jp. Diakses 7 Oktober 2013.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v4i3.3157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.