STUDI PERBANDINGAN EFISIENSI PENGGUNAAN PELAT LANTAI KONVENSIONAL DENGAN PELAT LANTAI KOMPOSIT BONDEK

Whida Elastu Permana

Abstract


Berkembangnya teknologi konstruksi berdampak besar bagi pemilihan material-material yang digunakan pada sebuah bangunan untuk mencapai struktur yang semakin efisien dengan keamanan struktur yang tidak perlu diragukan. Pelat lantai adalah komponen struktur bangunan yang memiliki dimensi tertentu untuk menyalurkan beban mati dan beban hidup di atasnya untuk disalurkan kepada penopangnya, oleh karena itu perlu dilakukan studi perbandingan dalam pemilihan teknologi meliputi 3 aspek yaitu aspek pembiayaan,proses pelaksanaan, dan waktu pelaksanaan. Data-data yang digunakan dalam analisis ini adalah data sekunder yaitu data desain gambar awal yang telah ada dan kemudian dilakukan analisis perhitungan untuk pelat konvensional dan pelat bondek. Pada bangunan gedung parkir Nagoya Hill di Batam dengan menggunakan SNI 03 - 2847 – 2002. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, biaya untuk pelat beton bondek lebih murah Rp104,764,250.68.- atau sekitar 12.3 % dibandingkan pelat beton konvensional. Pelat beton bondek juga lebih mudah dalam proses pelaksanaannya dibandingkan pelat konvensional. Dalam hal waktu pelaksanaan, waktu pekerjaan pelat beton bondek lebih cepat 66.9% dibandingkan pelat beton konvensional. Berdasarkan dari hasil ketiga aspek tersebut, untuk pemilihan teknologi khususnya pekerjaan pelat direkomendasikan untuk menggunakan pelat beton bondek.

Keywords


Pelat lantai Konvensional, Pelat Lantai Bondek

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, Bachtiar, 2013, Rencana dan Estimate Real of Cost, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Sunggono. 2014, Buku Teknik Sipil, Penerbit NOVA, Bandung

Lysaght, Bondek. 2012. User’s Guide for composite concrete slab construction: Blue Scope Lysaght, Australia.

Mulyono, 200=14, Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pekerjaan Struktur Beton Dengan Metode Konvensional dan Precast, Jurnal, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Udayana.

Pasaribu, Irvan Riko, 2012, Desain Dan Analisa Harga Pelat Satu Arah Dengan Memakai Pelat Komposit Dibandingkan Dengan Pelat Beton Biasa Pada Bangunan Bertingkat, jurnal, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Universitas Sumatra Utara.

SNI 03 - 2847 – 2002.Tata Cara Perencanaan Perhitungan Struktur beton untuk Bangunan Gedung. Badan Standarisasi Nasional.

Uji, Andi Tenri, Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pelat Beton Menggunakan Boundeck dan Pelat Konvensional Pada Gedung Graha Suraco, jurnal, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i2.3195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.