PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN

Ika Novita, Irma Mardian

Abstract


Perusahaan yang brgerak dalam bidang pengelolaan finansial atau perbankan (bank), merupakan salah satu dari banyak jenis perusahaan yang telah menerapkan CRM dalam kegiatan berbisnis mereka. di tambah lagi, masyarakat yang saat ini membutuhkan peran bank dalam setiap kegiatan mereka, telah menjadikan CRM (Customer relationship management) sebagai suatu strategi yang wajib di terapkan oleh setiap bank dalam aktivitas mereka sehari-hari. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer relationship management terhadap loyalitas konumen pada bank BNI KCP Woha. Populasi dalam penelitian ini nasabah Bank BNI KCP Woha yang tidak terhitung dan sampel sejumlah 96 nasabah. variabel penelitian ini ada 2, pengaruh Customer relationship management (CRM) (X), loyalitas konsumen (Y). Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, analisis regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Hasil uji pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung (2,235) lebih besar dari t tabel (1,663), kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara Customer relationship management (CRM) terhadap loyalitas konsumen pada Bank BNI kcp Woha.

Keywords


manajemen hubungan pelanggan

Full Text:

PDF

References


Gordon, Ian. (2002). Best Practices: Customer Relationship Management.Ivey Business Journal

Imasari, Kartika dan Nursalin, Kenzia Kurniawati.2011. Pengaruh customer Relationship Management terhadap loyalitas Pelanggan pada PT BCA Tbk.Jurnal Fokus Ekonomi (FE), Vol. 10, No. 3, hal. 183-192.

Kasmir. 2011. Manajemen Perbankan, Ed Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Liliweri, A. 2010.Komunikasi serba ada serba makna. Jakarta: Kencana. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Pradhana, O. D. 2011. Analisa dan Desain dengan Metode CRM (Customer Relationship Management) pada Pengelolaan Data Dream Paradise Bali

Sangadji, E.M dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Di sertai:Himpunan Jurnal Penelitian.Yogyakarta:Penerbit Andi

Sugiyono.(2017). MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

TerhadapLoyalitas Pelanggan PT. Astra International Tbk.-Toyota (AUTO 2000) di Kota Bandung.

Tour & Travel.Skripsi “pdf”,(Surabaya: UPN “Veteran” Jawa Timur, 2011)hal,1

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:Alfabeta

Wirawan, Winanto. (2008). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM)




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i1.3196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.