STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN NILAI PENJUALAN PADA CV. JAYA MANTAP PERKASA KOTA BIMA MARKETING STRATEGY IN INCREASING SALES VALUE IN CV. JAYA MANTAP PERKASA KOTA BIMA

Fajri Rahmatullah, Herry Nurdin

Abstract


Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi marketing yang di terapkan dapat meningkatkan penjualan produk pada CV Jaya Mantap Perkasa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif mengandalkan pengamatan dan wawancara dalam pengumpulan data di lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis SWOT, yang terdiri dari Strenghts, Weakness, Opportunities dan Threaths. ), Alat Analisis IFAS (Internal Strategic Factors Summary), EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary), Analisis SWOT dan diagram SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Faktor internal yang menjadi kekuatan yaitu produk bervariasi, lokasi strategis, hubungan baik konsumen, harga kompetitif. Yang menjadi kelemahan yaitu, kurangnya promosi bisnis, pengantaran barang sesuai dengan kuota yang tersedia,dan konsumen luar kota tidak bisa menjangkau tempat pembelian. Faktor eksternal yang menjadi peluang yaitu permintaan pasar, potensi sumberdaya alam, dukungan pemerintah, perkembangan teknologi informasi dan perubahan pola konsumen. yang menjadi ancaman adalah persaingan usaha sejenis, perubahan musim, dapat beralihnya konsumen. perhitungan matrik EFAS sebesar 2,12 dan matrik IFAS sebesar 2,37 yang kemudian digambarkan dalam analisis SWOT, maka dapat diketahui posisi CV Jaya Mantap Perkasa berada pada kuadran I. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan mengunakan kekuatan untuk memanfaan peluang yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan . Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT, maka alternatif strategi yang dapat diperoleh adalah sebagai berikut: strategi perluasan pasar, strategi diferensiasi produk, strategi pemanfaatan suberdaya perusahaan yang ada, strategi peningkatan promosi, strategi peningkatan kerjasama, strategi perbaikan aliran kerja perusahaan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran; Analisis IFAS; Analisis EFAS; Analisis SWOT
Abstract
The purpose of this study was to determine whether the marketing strategy applied could increase product sales at CV Jaya Mantap Perkasa. This research is a descriptive study with a qualitative approach relying on observations and interviews in data collection in the field. The data analysis technique used in this study is to use the SWOT analysis technique, which consists of Strengths, Weaknesses, Opportunities and Threaths. ), Analysis Tools IFAS (Internal Strategic Factors Summary), EFAS (External Strategic Factors Analysis Summary), SWOT analysis and SWOT diagrams. The results showed that the internal factors that became the strength were varied products, strategic location, good customer relations, competitive prices. The weaknesses are the lack of business promotion, delivery of goods according to the available quota, and consumers outside the city cannot reach the place of purchase. External factors that become opportunities are market demand, natural resource potential, government support, developments in information technology and changes in consumer patterns. the threat is similar business competition, changing seasons, switching consumers. the calculation of the EFAS matrix is 2.12 and the IFAS matrix is 2.37 which is then described in the SWOT analysis, it can be seen that CV Jaya Mantap Perkasa's position is in quadrant I. This shows that the company uses the power to take advantage of existing opportunities to achieve company goals. Based on the results of the SWOT matrix analysis, the alternative strategies that can be obtained are as follows: market expansion strategy, product differentiation strategy, existing company resources utilization strategy, promotion improvement strategy, cooperation enhancement strategy, company work flow improvement strategy
Keywords: Marketing Strategy; IFAS Analysis; EFAS Analysis; SWOT Analysis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i1.3204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.