PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SISTEM KONTROL OTOMATIS PENGISI CAIRAN PADA BOTOL DENGAN KONVEYOR

Anton Viantika

Abstract


Pada industri, sistem otomasi sangat dibutuhkan untuk menjalankan proses produksi yang banyak. Mengingat manusia sangat sulit untuk mengerjakan ketelitian yang tinggi. Maka digunakanlah PLC (programmable Logic Controller) yang merupakan suatu sistem pengendali otomatis yang programnya merupakan logika dari otomasi yang diinginkan. Sistem otomatis pengisi cairan berbasis PLC Omron Sysmac CPM1A ini memanfaatkan fungsi timer pada instruksi pemograman ledder diagram PLC untuk mengatur keluaran cairan dari solenoid valve. Perancangan ini juga memanfaatkan limit switch yang berfungsi untuk memberi masukan sinyal ke PLC jika limit switch tersentuh agar solenoid valve dapat bekerja. Dari hasil pengujian yang dilakukan, volume cairan pada botol yang di inginkan tercapai yaitu 150 ml, dengan menjaga batas minimum ketinggian air pada tempat air alat dan hasil pengujian pengisian ke botol dengan waktu 15 menit didapatkan rata-rata yang dihasilkan adalah 40 botol atau 160 botol per jam.

Keywords


Kontrol Otomatis; Omron Sysmac CPM1A

Full Text:

PDF

References


Bolton, W., 2004, Programmable Logic Control (PLC) Sebuah Pengantar Edisi Ketiga, Terjemahan oleh Irzam Harmein ST, Erlangga, Jakarta.

E. P, Agfianto., 2004, PLC Konsep Pemograman dan Aplikasi (Omron CPM1A/CPM2A dan ZEN Programmble Relay), Gava Media, Yogyakarta.

Wicaksono, H., 2009, PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER Teori Pemograman dan Aplikasinya dalam Otomasi Sistem, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Setiawan, Iwan., 2006, Programmable Logic Controller (PLC) dan Teknik Perancangan Sistem Kontrol , Andi Offset, Yogyakarta.

Sumardjati Prih, Yahya Sofian, Mashar Ali. 2008, Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik Jilid 3, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta

Irfan 1702, 2011, Push Button, termuat di: http://soulful89.wordpress.com/2011/09/24/push-button / , diakses 20 Juli 2013.

Wardana Meri, 2011, Prinsip Kerja Solenoid Valve, termuat di : http://www.meriwardanaku.com/2011/11/solenoid-valve.html, diakses 06 Juli 2013.

Wardana Meri, 2011, Prinsip Kerja Motor Arus Searah (DC), termuat di: http://www.meriwardanaku.com/2011/11/prinsip-kerja-motor-arus-searah-dc.html




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.3209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.