PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECELAKAAN KERJA

Abdullah Merjani

Abstract


PT. DJITOE Indonesia Tobacco terbentuk tahun 1960, awalnya memperoduksi rokok kretek buatan tangan. Tahun 1983 perusahaan merambah mesin melalui rekondisi mesin. Tahun 1998 bisnis rekondisi mesin diperluas ke pulau batam untuk lebih meningkatkan ekspor. Saat ini PT DJITOE ITC menjadi pemasok terbesar rekondisi mesin pembuat rokok dan mesin pengemas di kawasan Asia. Kegiatan proses produksi dan operasional tidak dapat dipisahkan dari penggunaan mesin.Walaupun demikian, tidak hanya kelayakan dari mesin yang harus diperhatikan, tetapi juga lingkungan sekitar lokasi dimana proses produksi dilakukan. Kecelakaan kerja sering terjadi dan berakibat fatal pada pekerjaan antara manusia dan mesin. Setidaknya ada beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan kerja itu terjadi, misalnya tidak menggunakan APD yang seharusnya dipergunakan saat bekerja, mengabaikan peraturan yang sudah ada, tidak memikirkan resiko apa yang akan terjadi ketika bekerja tanpa mengenal resiko. Berdasarkan data kecelakaan kerja yang terjadi di PT. Djitoe Mesindo Batam sepanjang tahun 2019 berjumlah 5 kasus yang terjadi dalam proses produksi. Model penelitian yang dilakukan yaitu dengan penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk mengurangi tingkat kecelakaan kerja serta menggunakan metode analisis deskriptif ini bersifat uraian yang menjelaskan tentang identitas dari responden dan penilaian responden terhadap variabel penelitian. dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada karyawan PT. Djitoe Mesindo Batam. Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dapat dijalankan dan hasilnya lebih efektif dalam upaya mengurangi resiko kecelakaan kerja. Dengan berjalannya sistem ini dapat meningkatkan produktifitas di perusahaan dan karyawan dapat bekerja dengan nyaman.

Keywords


Penerapan SMK3; Resiko Kecelakaa Kerja; Diagram Ishikawa

Full Text:

PDF

References


Annisa, N., Affan, M., F., F. (2015 Analisis Pengendalian Kualitas keripik Tempe Mengunakan Diagram Pareto, Control Chart Dan Diagam Ishika di Industri Tempe murni’ kweni pangguharjo sewon bantul. repository UGM.

Andre, Handoko. (2017) Implementasi Pengendalian Kualitas dengan Mengunakan Pendekatan PDCA dan Seven Tool Pada PT. Rosandex Putra Pekasa DI Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.2.

ASTM, Croncrete and Aggregates, Annual Book of ASTM Standard Vo.04.02.1995, Philadelphia; ASTM 1995.

Badan Standarisasi Nasional. 1989. SNI 03-0349-1989 Bata Beton Untuk Pasangan Dinding. Jakarta : Badan Standarisasi Nasional.

Badan Standarisasi Nasional. 1990. SNI 03-1766-1990 Cara Uji Butiran Ringan Didalam Agregat Beton. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Baroroh. Nisfu. L. 2019. Skripsi : Analisa Pengendalian Kualitas End Assy Steering Rack Dengan Metode SPC dan PDCA. PT. SMC. Cikarang Indonesia President Universty.

Gaspersz, V. (2008). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Harun Malisa. (2011) “Studi Kelayakan Kualitas Batako Hasil Produksi Industri Kecil di Kota Palu ”,Media Litbang Sulteng,IV.75-82.

Heizer, Jay dan Barry Render. (2006). Operation Management diterjemahkan oleh Setyoningsih dan Indra Almahdy. Jakarta: Salemba Empat.

Juran, J. M. (1988). Juran's Quality Control Handbook 1 & 2. New York: McGrawHill Inc.

Juita. Alisjahbana. 2005. “Evaluasi Pengendalian Kualitas Total Produk Pakaian Wanita Pada Perusahaan Konveksi.” Jurnal Ventura, Vol. 8, No. 1, April 2005.

Kho, B., (2016) QC Seven Tools ( Tujuh Alat Pengendalian Kualitas). http:/ilmumanajemenindustri.com/qc-seven-tool-tujuh-alat pengendalian kualitas/. Akses pada tanggal 3 Mei 2016.

Nasution, M. N. (2005) Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Bogor.

Roger G. Schroeder 2007. “Operations Management in the Supply Chain. McGrawHill Inc Education.

Subali & Setyawan, A., (2016). The Implementation of Seven Quality Management Tools.Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.6 No.2.

Supribadi, 1986. Dinding Panel Kering (Paving Block), Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran Jogyakarta. CAPS.

Wahyuningtias, K.A. (2013). Pengaruh biaya kualitas terhadap produk rusak pada CV.Ake Abadi. jurnal akuntansi Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol. 1 No. 3 Juni 2013, hal 321-330.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.3236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.