PENERAPAN THEORY OF CONSTRAINS (TOC) UNTUK MENGOPTIMALKAN BOTTLENECK PADA PROSES PASTING FLEXIBLE FLAT CABLE

Dadang Redantan

Abstract


PT. VJB adalah salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang produksi flexible flat cable. Kendala yang dihadapi perusahaan adalah banyaknya penumpukan (bottleneck) pada lantai produksi. Penumpukan tersebut mengakibatkan keterlambatan dalam proses produksi dan tidak terpenuhinya target produksi. Rata-rata realisasi target produksi per bulan dari PT VJB hanya sebesar 85%. Penumpukan tersebut juga mengakibatkan perusahaan mengalami kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk mengeliminasi penumpukan pada stasiun kerja dengan menerapkan lima prinsip perbaikan berkelanjutan Theory of Constraints (TOC). Penelitian dimulai dengan menentukan waktu baku setiap stasiun kerja, peramalan jumlah permintaan produk, penyusunan Jadwal Induk Produksi (JIP), perhitungan Rough-Cut Capacity Report (RCCR), dan revisi JIP berdasarkan prinsip TOC dan menghitung kapasitas produksi. Hasil penelitian didapatkan bahwa kekurangan kapasitas yang terbesar terjadi pada stasiun kerja 2 dimana kapasitas yang dibutuhkan adalah sebesar 32000meter/bulan, sedangkan yang tersedia hanya sebesar 26500meter/bulan. Kekurangan kapasitas tersebut dapat diatasi melalui pengoptimalan JIP menggunakan linear programming. Hasil yang didapatkan setelah revisi JIP yaitu stasiun kerja 2 yang merupakan stasiun kerja bottleneck dapat dioptimalkan menjadi stasiun kerja non-bottleneck. Penumpukan pada stasiun kerja 2 juga dapat dieliminasi dan persentase penggunaan kapasitas pada stasiun kerja ini dapat mencapai 100%. Melakukan improvement pada proses pasting melalui penggabunagn proses reinforcing tape dan line marking menjadi 2 pemarkingan mencapai hasil 70000 meter/bulan.

Keywords


Stasiun kerja; Theory of Constraints; Perencanaan kapasitas; Throughput

Full Text:

PDF

References


Gasperz, V. 2001. Aplikasi Linear Programming dalam Konsep The Theory of Constraints (TOC). Jurnal Teknologi Industri. Vol. V.

Godratt, E, 2010. Konsep dasar Theory of Constraints (TOC). Jurnal Teknologi Industri. Vol. 1.

Ishak, A. 2013. Aplikasi Theory of Constrains, Jurnal Teknologi Industri FT USU. Vol II.No.2.

Makridakis, dkk. 1993. Metode dan Aplikasi Peramalan. Jakarta: Erlangga.

Purwani, A., Endah, U., dan Sri S. 2008. Minimasi Waktu Set Up Menggunakan Pendekatan Theory of Constraints Agar Target Produksi Tercapai. Prosiding seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi. Yogyakarta.

Sodikin, I., dan Andrie W. 2013. Analisis Capacity Constrained Resources Gun Mengoptimalkan aliran produksi dengan pendekatan Theory Of Constraints. Jurnal Teknologi. Vol. 6No. 1.

Wignjosoebroto, S. 1995, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Edisi Pertama, Guna Widya, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v1i3.3241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.