ARSITEKTUR MELAYU SEBAGAI PENCIRI BATAM KOTA MADANI DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU

Kezia Eka Sari Dewi

Abstract


Arsitektur adalah bagian yang sangat dominan dalam proses membentuk identitas suatu kota atau daerah. Kota Batam merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau yang memiliki akar budaya melayu sebagai akar budaya utamanya. Arsitektur Melayu salah satunya digunakan pada pengaplikasian langgam pada sebagian dari bangunan hotel, villa, resort, dan cottage yang berada di kota Batam. Arsitektur Melayu merupakan salah satu contoh dari bentuk dalam rangka menjadikan identitas kawasan sebagai salah satu daerah yang berkebudayaan dan berciri Melayu. Pada Penerapan langgam pada sebuah bangunan dipresentasikan dan sesuai dengan pemahaman arsitektur Melayu dengan melihat arti dan nilai dari langgam Melayu itu sendiri. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menjelaskan penerapan langgam budaya arsitektur melayu terhadap desain hotel, villa, resort, dan cottage di kota Batam sebagai salah satu identitas suatu Kawasan dan sebagai penciri Batam Kota madani.

Keywords


Aristektur Melayu; Kota Batam; Bandar Madani

Full Text:

PDF

References


Al Mudra, M. (2014). Rumah Melayu: Memangku Adat Menjemput Zaman. Yogyakarta: Adicita.

Faisal, G. (n.d.). SELEMBAYUNG SEBAGAI IDENTITAS KOTA PEKANBARU: KAJIAN LANGGAM ARSITEKTUR MELAYU.

Firrdhaus, M., Sahabuddin, M., & Longo, C. G. (2017). Traditional Values and their Adaptation in Social Housing Design: Towards a New Typology and Establishment of Air Ho .... 9(August), 31–45. https://doi.org/10.26687/archnet-ijar.v9i2.493

Mentayani, I., & Andini, D. N. (2007). Tipologi dan Morfologi Arsitektur Suku Banjar di Kal-Sel. Retrieved from https://www.scribd.com/document/407983190/Chapter-II.

Yuan, L. J. (n.d.). The traditional Malay house.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v4i3.3422

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.