EVALUASI PELAYANAN DI TERMINAL BANDAR UDARA INTERNASIONAL HANG NADIM BATAM

Abraham Jeruansal Rahman

Abstract


Terminal penumpang merupakan salah satu komponen utama dalam suatu sistem bandar udara karena terminal penumpang merupakan tempat berlangsungnya seluruh kegiatan penumpang. Pelayanan terminal penumpang ini perlu dievaluasi secara berkala seiring pertambahan jumlah penumpang yang menggunakan pesawat terbang sebagai salah satu moda transpotasi udara. Oleh karena itu, area check in-counter, ruang tunggu keberangkatan, baggage claim area, baggage claim device, dan ruang kedatangan yang merupakan bagian dari terminal Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam yang perlu dievaluasi pelayanannya berdasarkan dengan peraturan-peraturan bandara saat ini. Penelitian ini mengevaluasi kebutuhan jumlah check-in counter, kebutuhan luas ruang tunggu keberangkatan, baggage claim area, baggage claim device, ruang kedatangan berdasarkan jumlah pergerakan penumpang saat ini. Proses evaluasi menggunakan data jumlah penumpang per hari dan jumlah penumpang pada jam sibuk berdasarkan SNI 03-7046-2004. Selain evaluasi, dilakukan peramalan untuk mengetahui tahun tercapainya jumlah penumpang per tahun rencana dengan metode least square. Hasil evaluasi dari Tugas Akhir ini menunjukkan bahwa dengan pergerakan penumpang saat ini check-in counter yang disediakan belum memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Evaluasi ruang tunggu pada masing-masing Gate menunjukkan bahwa hasil ruang tunggu keberangkatan A3 sampai dengan A8 masih memiliki level of service cukup baik. Untuk baggage claim area saat ini sudah memenuhi standar perhitungan berdasarkan SNI 03-7046-2004 tetapi pada baggage claim devices harus perlu penambahan. Sedangkan untuk luas ruang kedatangan saat ini sudah tidak memenuhi persyaratan dan peraturan sesuai peraturan yang berlaku.

Keywords


Terminal Penumpang, Evaluasi Kebutuhan Ruang, Peramalan

Full Text:

PDF

References


Asdam, A. S. (2013). Studi Kinerja Check In Counter Terminal Bandar Udara Sultan Babullah Ternate Terhadap Tingkat Pelayanan Penumpang. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Badan Standarisasi Nasional, (2004). SNI 03-7046-2004: Pemberlakuan Standar Nasional Indonesia Mengenai Terminal Penumpang Banadar Udara sebagai Standar Wajib, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta. Direktorat Jendral Perhubungan Udara, (2005). Peraturan Perhubungan Udara Nomor: SKEP/77/VI/2005: Persyaratan Teknis Pengoprasian Fasilitas Teknik Bandar Udara, Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal, Jakarta.

Bandar Udara Internasional Hang Nadim Batam. https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Hang_Nadim.

Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara NO. SKEP/SKEP/91/V/2007, ‘’PENILAIAN KINERJA BANDAR UDARA’’, Departemen Perhubungan, 2007

Alfian, Riki Tri. 2013. Evaluasi Kinerja Terminal Penumpang 1A Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Jakarta : Jurusan Teknik Sipil FTSP ITS.

I ketut Oki Mariana, Harnen Sulistio, M Zainul Arifin. (2016). Kajian Tingkat Kepuasan penumpang Dan Kinerja Pelayanan Terminal Penumpang Domestik (T2) Di Bandar Udara Internasional Surabaya. Jurnal Rekayasa Sipil , 168-178. Peraturan Menteri Perhubungan No. 178, (2015). Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara.

Paranoan, Arnold. Evaluasi Kinerja Terminal Penumpang Bandar Udara Sentani. Jayapura : Jurusan Teknik Sipil FTSP ITS.

Rahmah, D. N. (2015). Forecasting Terminal Penumpang Dan Perencanaan Terminal Building Bandar Udara Jilik Riwut Kota Palangkaraya 20 Tahun Yang Akan Datang. Palangkaraya: Universitas Muhammadiyah .

Tamin, O. Z. (2003). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB. Yarlina Lita. 2012. Analisis Kapasitas Terminal penumpang di Bandar Udara SMB II Palembang. Jurnal Penelitian Perhubungan Udara Warta Ardhia.

Yarlina, L. (2016). Evaluasi Kinerja Pelayanan Penumpang di Bandar Udara Sultan Thaha Jambi. Jurnal Penerbangan Warta Ardia , 79-100.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.3437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.