PENDEKATAN ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK PENENTUAN NILAI EKONOMI LAHAN

Vera Methalina Afma

Abstract


Tanah atau lahan merupakan salah salah satu sumber daya yang mempunyai peranan strategis dalam pembangunan perkotaan. Perkembangan pembangunan kota yang semakin pesat dan tingginya laju pertumbuhan penduduk merupakan faktor pendorong meningkatnya kebutuhan tanah di perkotaan. Sementara itu, tanah yang tersedia di daerah perkotaan terbatas. Hal ini menimbulkan permasalahan tanah perkotaan, seperti peningkatan harga tanah yang tak terkendali akibat adanya konflik kepentingan. Kebutuhan tanah bagi industri dan berbagai kegiatan ekonomi bersaing dengan kebutuhan tanah bagi perumahan yang terus meningkat. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi nilai ekonomis lahan.

            Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai ekonomis lahan dan mengetahui maka nilai bobot dari masing-masing faktor. Dalam mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai ekonomis ini dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada para masyarakat, yang kemudian dioleh dengan AHP (Analytical Hierarchy Prosess).

            Hasil penelitian menyimpulkan faktor yang mempengaruhi nilai ekonomis lahan adalah peruntukan lahan, aksesibilitas dan jarak ke pusat kegiatan. Sedangkan nilai bobot masing-masing faktor adalah bobot peruntukan lahan 0,09, bobot faktor aksesibilitas sebesar 0,64, dan bobot faktor jarak sebesar 0,27.


Full Text:

PDF

References


Badaruddin. 2012. Desain Pengukuran Kinerja Logistik Dengan Menggunakan Metode SCOR (Supply Chain Operations Reference) dan AHP (Analytic Hierarchy Process) (Studi Kasus Di PT. Infineon Batam). Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Helia, VN. 2011. Perancangan dan Pengukuran Kinerja Rantai Pasok di Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Temanggung. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Luhst,K.M. 1997. Real Estate Valuation. Principles Aplication, USA.

Rosadi, dkk. 2009. Kajian Nilai Ekonomi Berdasarkan Tata Guna Lahan di Tiga Kecamatan Kabupaten Purwakarta. Simposium XII FSTPT, Universitas Kristen Petra Surabaya, 14 November 2009

Sari, dkk. 2010. Pemodelan Harga Tanah Perkotaan Menggunakan Metode Geostatistika. Jurnal Rekayasa Insitut Teknologi Nasional, LPPM Itenas No. 2 Vol. XIV

Wibowo, KW. 2002. Studi Mekanisme Penetapan Nilai Jual obyek Pajak Bumi Pada Pajak Bumi dan Bangunan Kota Banjarnegara. Tesis S2, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v4i2.37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.