HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN RESPON BELAJAR SISWA

Israela Huwae, Yuliana T.B Tacoh

Abstract


Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran dan respon siswa. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data korelasi. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu siswa – siswi kelas 7 dan 8 di SMP Kristen 1 Salatiga. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran dan respon siswa. Dengan diketahui hasil dari signifikan kolerasi, uji analisis kolerasi menggunakan SPSS dan didapat nilai analisis kolerasi sebesar 0,362 yang berarti terdapat hubungan antara persepsi siswa dengan google classroom dan respon siswa. Selanjutnya pada hasil signifikan kolerasi hasil yang didapat 0,248 > 0,05 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variabel (X) hubungan persepsi siswa terhadap penggunaan google classroom dan juga variabel (Y) respon siswa. oleh sebab itu hasil pada penelitian ini dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.


Keywords


Google classroom; media pembelajaran; respon siswa; persepsi siswa

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Arizona, K. 2020. PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS PROYEK SALAH SATU SOLUSI KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. J Ilm Profesi Pendidik. 2020;vol 5:No 1.

Alfiyanti Y. 2008. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MEMBAYAR PAJAK. J Ilm Mhs Univ Surabaya. 2008;2:4.

Dimas, Christandi. 2020 Sorotan: Dampak Corona ke Dunia Pendidikan. Kompas Tv. Published 2020. Accessed May 7, 2021. https://www.kompas.tv/article/74608/sorotan-dampak-corona-ke-dunia-pendidikan.

Denilasari N. 2018. Pengaruh penggunaan google classroom terhadap respon siswa sebagai media pembelajaran. Skripsi. Published online 2018:1-115. http://ecampus-fip.umj.ac.id/umj/AmbilLampiran?ref=13917&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain

El Fauziah UN, Suryani L, Syahrizal T. 2019. Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Smp Di Subang. Abdimas Siliwangi. 2019;2(2):183. doi:10.22460/as.v2i2p183-191.3281

Farhan. 2020. Dinamika Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi. Kumparan. Published 2016. Accessed June 16, 2020. https://kumparan.com/16desember/dinamika-pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-1tfVptIrtr3/full

Fauziah, UNE, Suryani, L TS. 2019. PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS KEPADA GURU-GURU BAHASA INGGRIS SMP DI SUBANG. Jurnal Abdimas siliwangi. 2019;vol 2:No 2

Febriati EC. 2013. ANALISIS PENERAPAN PSAK 55 ATAS CADANGAN KERUGIAN PENURUNAN NILAI. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi MANAJEMEN, BISNIS DAN Akuntansi. 2013; vol 1: No 3.

Hapsari SA. 2019. PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 2019; vol 18: No 2.

Hafid HA. 2011. Sumber dan Media Pembelajaran. J Sulesana. 2011;6(2):69-78. journal.uin-alauddin.ac.id

Hasan B. 2017. Karakteristik Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO. JINoP (Jurnal Inov Pembelajaran). 2017;3(1):449. doi:10.22219/jinop.v3i1.4282

Harefa, N. 2020 Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Sci Educ Appl J. 2020; vol 2: No 2.

Haris NA. 2020. Sumber dan Media Pembelajaran. J Pendidik. Published online 2020.

Husaini. 2011. Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal wawasan Keislaman. 2011;6(vol. 6 No.2 (2011)):2.

Istiqlal,A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. J Kepemimp Dan Pengur Sekol. 2018;3(2):139-144.

Haris NA. 2020. Sumber dan Media Pembelajaran. J Pendidik. Published online 2020.

Husaini. 2011. Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal wawasan Keislaman. 2011;6(vol. 6 No.2 (2011)):2.

Istiqlal,A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. J Kepemimp Dan Pengur Sekol. 2018;3(2):139-144.

Kebudayaan RIKPD. 2020. SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). Berita galeri. Published 2020. Accessed May 7, 2020. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kriyantono, R. S.Sos. MS. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi.; 2006.

Hasan B. 2017. Karakteristik Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO. JINoP (Jurnal Inov Pembelajaran). 2017;3(1):449. doi:10.22219/jinop.v3i1.4282

Harefa, N. 2020 Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Sci Educ Appl J. 2020; vol 2: No 2.

Haris NA. 2020. Sumber dan Media Pembelajaran. J Pendidik. Published online 2020.

Husaini. 2011. Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal wawasan Keislaman. 2011;6(vol. 6 No.2 (2011)):2.

Istiqlal,A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. J Kepemimp Dan Pengur Sekol. 2018;3(2):139-144.

Kebudayaan RIKPD. 2020. SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). Berita galeri. Published 2020. Accessed May 7, 2020. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kriyantono, R. S.Sos. MS. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi.; 2006.

Kurniawan,D. 2018. Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. J Komun Pendidik. 2018;2(1):60. doi:10.32585/jkp.v2i1.65

Lijana L. 2018. Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran pada Materi Ekologi di Kelas X SMA. J Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa. 2018;7(3):1-9.

Mahnun PKP, Hashim H. 2020. Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creat Educ. 2020;11(03):262-274. doi:10.4236/ce.2020.113020

Matondang Z. 2009. VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUATU INSTRUMEN PENELITIAN. J TABULARASA PPS UNIMED. 2009;6:1.

Hasan B. 2017. Karakteristik Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berdasarkan Taksonomi SOLO. JINoP (Jurnal Inov Pembelajaran). 2017;3(1):449. doi:10.22219/jinop.v3i1.4282

Harefa, N. 2020 Persepsi Siswa terhadap Google Classroom sebagai LMS pada masa Pandemi Covid-19. Sci Educ Appl J. 2020; vol 2: No 2.

Haris NA. 2020. Sumber dan Media Pembelajaran. J Pendidik. Published online 2020.

Husaini. 2011. Sumber dan Media Pembelajaran. Jurnal wawasan Keislaman. 2011;6(vol. 6 No.2 (2011)):2.

Istiqlal,A. 2018. Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses. J Kepemimp Dan Pengur Sekol. 2018;3(2):139-144.

Kebudayaan RIKPD. 2020. SURAT EDARAN MENDIKBUD NO 4 TAHUN 2020 TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID- 1 9). Berita galeri. Published 2020. Accessed May 7, 2020. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Kriyantono, R. S.Sos. MS. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi.; 2006.

Kurniawan,D. 2018. Komunikasi Model Laswell Dan Stimulus-Organism-Response Dalam Mewujudkan Pembelajaran Menyenangkan. J Komun Pendidik. 2018;2(1):60. doi:10.32585/jkp.v2i1.65

Lijana L. 2018. Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran pada Materi Ekologi di Kelas X SMA. J Pendidik dan Pembelajaran Khatulistiwa. 2018;7(3):1-9.

Mahnun PKP, Hashim H. 2020. Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creat Educ. 2020;11(03):262-274. doi:10.4236/ce.2020.113020

Matondang Z. 2009. VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUATU INSTRUMEN PENELITIAN. J TABULARASA PPS UNIMED. 2009;6:1.

Mawaddah S, Maryanti R. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT J Pendidik Mat. 2016;4(1):76-85. doi:10.20527/edumat.v4i1.2292

Muhlisin A. Analysis of students’ response of the implementation of rms (reading, mind mapping, and sharing)learning model in philosophy of science. Unnes Sci Educ J. 2018;7(1):13-18.

NAFISAH, R.A and Hasmalena, and Yosef Y. 2018. BENTUK-BENTUK RESPON SISWA TERHADAP JENIS PENGUATAN DAN HUKUMAN YANG DIBERIKAN GURU DI KELAS V.A SDN 11 INDRALAYA. J Ilm Pendidik Guru Sekol Dasar. Published online 2018.

Nurseto TU, Suryana E, Nopitasari V. Pengembangan Media Pembelajaran Fiqih. J PADAMU NEGERI (Pengabdian pada Masy Bid Eksakta). 2020;1(1):19-35. doi:10.37638/padamunegeri.v1i1.118

Nurhayati, Wahyuni I. Pemilihan Media Pembelajaran. J Pendidik. 2018;1(1):1-14. http://eprints.umsida.ac.id/3723/

Proborini E. 2021. Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Matematika. wacana Akademika Majalah Ilmiah kependidikan 1. 2021;vol 5:No 1.

Puspitasari AR. 2012. Respon siswa SMP Negeri 3 Kelapa Bangka Belitung terhadap film Laskar Pelangi. J UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 2012;(5-Oct-2012)

Rozak, Abd, AMA. 2018. DESAIN PERKULIAHAN BAHASA ARAB MELALUI GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban. 2018;vol 5 :No 1.

Slamito. 2003. Belajar dan FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. J ilmu kependidikan. Published online 2003:33-66.

Solikin, I., Widaningsih, M., & Lestari SD. 2015. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai PIkin Solikin,. J Ris Akunt dan Keuang. 2015;3(2):724-740. http://ejournal.upi.edu/index.php/JRAK/article/view/6616

Sudarti D. 2019. Kajian teori behavioristik stimulus dan respon dalam meningkatkan minat belajar siswa. J Pendidik Islam. Published online 2019.

Sugiono, Izzaty RE, Astuti B, Cholimah N. 2015. ANALISIS KORELASI ADALA H CARA UNTUK MENGETAHUI ADA TIDAKNYA HUBUNGAN ANTAR VARIABEL. Anal Kolerasi, 6(11), 951–952. Published online 2015:5-24.

Syakur, Abd. 2020. Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19. J Pengabdi dan Pemberdaya Nusantara. 2020;2(Vol 2 No 1 (2020): Volume 2, Nomor 1, Juli 2020):1.

Tafonao,T. 2018.Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. J Komun Pendidik. 2018;2(2):103. doi:10.32585/jkp.v2i2.113

Telussa AM, Persulessy ER, Leleury ZA. 2013. Penerapan Analisis Korelasi Parsial Untuk Menentukan Hubungan Pelaksanaan Fungsi Manajemen Kepegawaian Dengan Efektivitas Kerja Pegawai. BAREKENG J Ilmu Mat dan Terap. 2013;7(1):15-18. doi:10.30598/barekengvol7iss1pp15-18

Yusuf F. 2018. ANALISIS PENERAPAN PSAK 55 ATAS CADANGAN KERUGIAN PENURUNAN NILAI. J Ris Ekon Manejemen, Bisnis dan Akunt. 2018;3:1.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i1.3922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.