PERENCANAAN DAN PERANCANGAN GREEN ARCHITECTURE

Septy Karmawan

Abstract


Batam merupakan salah satu kota besar dan kota industri terbesar dipropinsi kepulauan riau dan berada digaris depan perbatasan dengan negara singapura sekaligus mempunyai motto “Batam sebagai bandar dunia madani yang modern“ maka kota batam harus benar benar menyiapkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusianya. Batam yang mempunyai penduduk lebih dari satu juta jiwa, serta semakin pesatnya perkembangan daerah di bidang perindustrian maka pemerintah harus benar benar menyiapkan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dan baik, salah satunya yaitu perpustakaan umum. Sebagai kota besar dikepulauan riau sudah sewajarnya mempunyai sebuah perpustakaan yang memadai serta berwawasan eko arsitektur (green arschitecture) untuk memperkaya dan mengembangkan pegetahuan masyarakatnya sekaligus merespon isu pemanasan global yang terjadi karena akibat berkembang pesatnya perindustrian yang tidak ramah terhadap lingkungan.


Keywords


Perpustakaan Umum Kota Batam; Eko Arsitektur; Green Architecture

Full Text:

PDF

References


Afifah, R., Anisa, & Hakim, L. (2018). PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR HIJAU PADA BANGUNAN PUSAT PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TANAMAN HERBAL DI LEMBANG BANDUNG. Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 2 No 2 September 2018: 93-98, 94.

Henriyanto, A. (2016). PERENCANAAN PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DI KENDARI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HIJAU. Volume 1 No 2| Agustus 2016, 84.

Kakunsi, I. E. (2013). ANALISIS PELAPORAN DAN KONTRIBUSI PAJAK BUMI DAN BANGUNAN PADA DINAS PPKAD KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE.

Pramita, Henny G. (2013). Analisis Lifting Topside Platform dengan Pendekatan Dinamik Berbasis Resiko, Tugas Akhir S-1 Teknik Kelautan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Kalukar, S. J., Tumaliang, H., & Tuege, M. (2015). Desain Instalasi Penerangan Pada Bangunan Multi Fungsi. 12-13. Karyono, T. H. (2010). Green Architecture Pengantar Pemahaman Arsitektur Hijau di Indonesia. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Priatman, J. (2012). ”ENERGY-EFFICIENT ARCHITECTURE” PARADIGMA DAN MANIFESTASI ARSITEKTUR HIJAU. DIMENSI TEKNIK ARSITEKTUR Vol. 30, No. 2, Desember 2012: 167 - 175, 167-175.

Rusadi, P., Purwatiasning, A. W., & Satwikasari, A. F. (2019). PENERAPAN KONSEP ARSITEKTUR HIJAU PADA PERENCANAAN AGROWISATA KOPI DI TEMANGGUNG. Jurnal Arsitektur PURWARUPA Volume 03 No 4 September 2019, 25.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v6i3.3977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.