ARSITEKTUR RESORT DI KEPULAUAN ANAMBAS

Septy Karmawan

Abstract


Kondisi saat ini, ditunjang dengan semakin pesatnya perkembangan pembangunan di berbagai sektor (bidang) di seluruh wilayah Indonesia terutama pada bidang pembangunan, serta maraknya pembangunan di kota-kota besar di Indonesia yang semakin komplek dengan permasalahan urbanisme berdampak pada kebutuhan sandang pangan dan perumahan yang semakin besar. Pada proses pembangunan tersebut dibutuhkan tenaga-tenaga ahli yang berkompeten di bidang tersebut untuk menganalisis dan  merencanakan serta mengaplikasikan keilmuanya untuk membangun negeri ini, termasuk Resort Di Kepulauan Anambas. Resort memerlukan arsitektur yang bagus, berkualitas, menarik, estetik dan memiliki ciri khas daerah setempat. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini, untuk mengetahui dan menganalisis arsitektur resort di Kepulauan Anambas.


Keywords


Resort; Design; Kepulauan Anambas

Full Text:

PDF

References


Al Mudra, M. (2014). Rumah Melayu: Memangku Adat Menjemput Zaman. Yogyakarta: Adicita.

Faisal, G. (n.d.). SELEMBAYUNG SEBAGAI IDENTITAS KOTA PEKANBARU: KAJIAN LANGGAM ARSITEKTUR MELAYU.

Firrdhaus, M., Sahabuddin, M., & Longo, C. G. (2017). Traditional Values and their Adaptation in Social Housing Design: Towards a New Typology and Establishment of Air Ho .... 9 (August), 31–45. https://doi.org/10.26687/archnet-ijar.v9i2.493

Mentayani, I., & Andini, D. N. (2007). Tipologi dan Morfologi Arsitektur Suku Banjar di Kal-Sel. Retrieved from https://www.scribd.com/document/407983190/Chapter-II.

Priatman, Jimmy. 2012. ”Energy-Efficient Architecture” Paradigma Dan Manifestasi Arsitektur Hijau. Surabaya: Universitas Kristen Petra.

Rizky N, Andri. 2010. Green Urban Vertical Container House dengan Pendekatan Green Metabolist (Rumah Container Bertingkat dengan Pendekatan Green Metabolist). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Rustiadi, Ernan et al. 2008. Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Bogor : Institut Pertanian Bogor.

Sri Kurniasih. 2006. Prinsip Hotel Resort (Studi Kasus: Putri Duyung CottageAncol, Jakarta Utara). Jakarta: Teknik Arsitektur Universitas Budi Luhur.

Sri Perwani, Yayuk. 2013. Teori dan Petunjuk Praktek Housekeeping Manual. Yogyakarta: Natour Hotel Garuda.

Umi, Narimawati. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Bandung.

Yuan, L. J. (n.d.). The traditional Malay house.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i3.3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.