PELAYANAN NEGARA MELALUI KEGIATAN TERA DAN TERA ULANG ALAT-ALAT UKUR, TAKAR DAN TIMBANGAN DI KABUPATEN BINTAN

Ferizone Ferizone

Abstract


Abstrak

Dalam kontek kegiatan tera dan tera ulang, pelayanan metrologi merupakan upaya negara dalam melindungi masyarakat supaya terhidar dari Tindakan curang oleh oknum pedangang pengguna alat ukur. Disisi lain pelayanan metrologi yang dilakukan oleh negara melalui perangkat pemerintah daerah telah mempermudah akses masyarakat pemilik dan pengguna alat ukur dalam mendapatkan layanan tera dan tera ulang yang sedianya sulit untuk dilakukan sendiri sehingga pedangan dapat terhindar dari tindakan melanggar hukum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kegiatan pelayanan tera ulang dan untuk mengetahui mengaoa pedangang tidak melakukan kegiayan tera ulanga. Metode pengumpulan data Teknik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan Metrologi Legal yang dilakukan oleh UPTD Metrologi Kabupaten Bintan belum maksimal dikarenakan banyak pedagang yang tidak melakukan kegiatan tera ulang pada alat-alat ukur yang mereke gunkaan dalam perdangangan. Upaya pengawasan belum dapat dijalankan karena tidak adanya pengawas kemetrologian dalam struktur Organisasi dan Tata Kerja kemetrologian yang ada saat ini.


Keywords


Consumer Protection, State Service, Metrology, Bintan Regency

Full Text:

PDF

References


Alat-Alat Ukur, T., Perlengkapannya, D., Ditera, Y. W., Ulang, D., Teknis, S., & Pengecek, T. (n.d.). A,/2, =< 7r1N Menimbang : a. bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 3 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 08/M-DAG/PER/3l2OlO.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Barlian, E. (2018). Metodologi penelitian kualitatif & kuantitatif.

Barus, D. M. B., Siregar, S. A., & Rogers, M. (2022). Penerapan undang-undang nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal pada dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten karo. Jurnal retentum, 3(1), 268–290.

Evantara, D., & Ridwan Maksum, I. (n.d.). Dine Evantara & Irfan Ridwan Maksum, Perbandingan Urusan Metrologii Legal Indonesia dan Belanda Perbandingan Urusan Metrologi Legal Indonesia dan Belanda The Comparison of Legal Metrology Affairs in Indonesia and Netherland. Public Administration Journal, 9(2), 2019. https://doi.org/10.31289/jap.v9i2.2551

Indonesia, P. R. (2000). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Nomor, P. M. P. R. I. (67 C.E.). Tahun 2018 tentang Alat-Alat Ukur. Takar Timbang Dan Perlengkapannya Yang Wajib Tera Dan Tera Ulang.

Pelaksanaan tera dan tera ulang pada metrologi legal dalam rangka perlindungan terhadap konsumen di wilayah kabupaten tegal skripsi diajukan untuk memenuhi tugas dan melengkapi syarat guna memperoleh gelar sarjana strata 1 dalam ilmu hukum o l e h. (n.d.).

Permendag No. 78 Tahun 2016. (n.d.).

PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA-2. (n.d.).

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., & Silalahi, M. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Samsul, I. (n.d.). Penegakan hukum perlindungan konsumen melalui penyelenggaraan metrologi legal dalam era otonomi daerah*.

Siti Maryam, N. (2017). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 6.

Sukmana, O., Kurniawan, L. J., Masduki, M., & Abdussalam, A. (2015). Negara kesejahteraan dan pelayanan sosial. Intrans Publishing.

Wardani, N. I. (2021). Peningkatan Mutu Layanan Metrologi Legal Di Pasar Rakyat Kota Surabaya. Journal of Economics Development Issues, 4(1), 432–445.

Walsa, E., & Ratnasari, S. L. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Citra Pembina Pengangkutan Industries Batam. Jurnal Eksekutif, 13 (1).

Wicaksono, B. D., & Ratnasari, S. L. (2017). Determinasi Komunikasi, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Umum (PERUM) Bulog Sub-Divre Kota Batam. Jurnal Bening, 4 (1).

Widyanti, R., Basuki, B., Ratnasari, S.L. (2021). Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Kepuasan Kerja Pengaruhnya terhadap komitmen Organisasional. Jurnal Dimensi. 10 (2), 255-268.

Zahara, R., dan Ratnasari, S. L. (2014). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Holland Bakery Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol. 6. No.1. April 2014.

Zainudin dan Ratnasari, S. L. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batu Ampar Kota Batam. Jurnal Zona Manajemen. Vol.7. No.3., Desember 2015. Hal. 14-21.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i1.4063

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.