PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Widodo Ismanto, T. Munzir, Rona Tanjung, Linayati Lestari, Erwin Ashari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu kualitas produk, harga, dan promosi, dengan satu variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Penggunaan variabel dalam penelitian ini diharapkan proses yang ditempuh dan faktor-faktor apa saja yang mendorong terciptanya keputusan pembelian obat tetes mata merk Rohto Cool. Ini adalah sampel penelitian konsumen pada PT. Kebayoran Pharma Batam. Sampel diambil dengan teknik probability sampling dan menggunakan perhitungan Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Metode analisis dokumen yang digunakan adalah analisis kuantitatif, uji reliabilitas dan validitas, uji asumsi klasik, uji t dan uji F, koefisien determinasi dan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: secara parsial variabel kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji T sig 0,339 > 0,05, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji T sig 0,000<0,05, serta variabel promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai uji T sig 0,281 < 0,05. Berdasarkan perhitungan uji F, secara simultan variabel kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0,000 Sig F < 0,05.


Keywords


Kualitas Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Andis, Agunawan. Risal, M., Usman, H. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung Pada Toko Centro Palopo. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo. Vol. 5. No. 1. Tahun 2019. Hal. 25-31.

Andriani, W., Abdurrahman, Sari, P. R.K. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma. (Studi Kasus Pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kab. Sumbawa Besar). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol. 2 No. 1. Tahun 2019.

Alma, Buchori. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Arum, Sari. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua. Online:http://.undip.ac.id/20263/Arumsari.PDF. Diakses tanggal 20mei 2013.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran, Dasar, Konsep dan Strategi. Cetakan 7. Rajawali Pers. Jakarta.

Azwar, Saifuddin. 2013. Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferdinand, Augusty. 2016. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2017. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.

Riduansah. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop (Studi Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Indonesia Samarinda). Jurnal Riset Inossa. Vol. 2 No. 2. Tahun 2020. Hal. 71-79.

Saebani, Muh. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis. Vol. 18. No. 10. Tahun 2016. Hal. 14-30.

Saladin, Djaslim. 2013. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Bandung: Linda Karya.

Syamsul, H., Modding, B., Dewi, R. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Dessert Pada By. Uwibama Di Kota Makassar. Paradoks: Jurnal Ilmu Ekonomi. Vol. 4. No. 2. Tahun 2021.

Sepris, Yonaldi. 2011. Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Frestea (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas Padang). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan .Vol 2 No.1 Januari 2011.

Simamora, Bilson. 2012. Pemasaran Strategik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa Beta.

Swashta, Basu dan Irawan. 2015. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Offset.

Swastha, Basu. 2019. Asas-Asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management. Yogyakarta: Andi

Yuni Candra. Pengaruh Bauran Pemasaran dan Keterlibatan Keluarga Terhadap Keputusan Pembelian Leasing Sepeda Motor Suzuki Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 3 No.1 Januari 2012.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i1.4071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.