PENGARUH EWOM, LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEDAI KOPI JEVERA COFFEE AND EATERY

Ingga Oktaviani, Fifi Hanafia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara wom, lokasi, dan harga terhadap keputusan pembelian di kedai kopi Jevera Coffee and Eatery, mengingat banyaknya pengunjung yang datang padahal banyak sekali kedai kopi yang ada di cikarang, oleh karna itu peneliti ingin melakukan penelitian terhadap kedai kopi tersebut, dengan obyek peneliti pada kedai Jevera Coffee and Eatery dan populasi yang di gunakan adalah seluruh pengunjung kedai kopi dan sample nya sebanyak 161 responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil analisis data penelitian yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah Ewom tidak berpengaruh positif dan   signifikan   terhadap keputusan pembelian pada Kedai Kopi Jevera, Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Kedai Kopi Jevera, Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian keputusan pembelian Kedai Kopi Jevera. Secara simultan, Ewom, lokasi dan Harga berpengaruh simultan terhadap keputusan pembelian pada kedai kopi Jevera.


Keywords


ewom, lokasi, harga dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Abarca, R. M. (2021). 済無No Title No Title No Title. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 2008, 2013–2015.

Afra Wibawa Makna Hayat. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Citra Distro Ouval Research Di. Academia, 2(1).

Antyadika, B. E. (2012). ANALISIS PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Wong Art Bakery&Café Semarang). Ekonomika Dan Bisnis, 1, 1–72.

Apriyani, D. A., & Sunarti. (2017). Survei pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(2), 1–7.

Elly, rahayu. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.

Ena, M. Y., Nyoko, A. E. L., & Ndoen, W. M. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Chezz Cafenet. Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 10(3), 299–310. https://doi.org/10.35508/jom.v10i3.1998

Fadhila, R. (2013). Analisis Pengaruh Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Universitas Diponegoro, 1–78.

Harga, P., & Lokasi, D. A. N. (2018). TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PEACOCKOFFIE , SEMARANG Anggun Setya Ningrum , Sri Suryoko Email : anggunnuggna96@gmail.com Pendahuluan. 1–10.

Hasan, A., & Setiyaningtiyas, N. W. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth pada Media Sosial Facebook terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Media Wisata, 13(1). https://doi.org/10.36276/mws.v13i1.217

Humaira, A., & Wibowo, L. A. (2017). Analisis Faktor Elektronik Word of Mouth (Ewom) Dalam Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan. THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 6(2), 1049. https://doi.org/10.17509/thej.v6i2.5515

Husen, A., Sumowo, S., Rozi, A. F., Ekonomi, F., & Muhammadiyah Jember, U. (2018). Pengaruh Lokasi, Citra Merek Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Solo Bangsal Jember the Effect of Locations, Brand Images and Word of Mouth To Consumer Buying Decisions on Mie Ayam Solo Bangsal Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2), 2460–9471.

Kadi, D. C. A., Purwanto, H., & Ramadani, L. D. (2021). Pengaruh E-Promotion, E-WOM dan lokasi terhadap keputusan pembelian melalui keputusan pembelian sebagai variabel intervening. Management and Business Review, 5(2), 224–238. https://doi.org/10.21067/mbr.v5i2.5833

Laksmi, A. A., & Oktafani, F. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth ( eWOM) terhadap minat beli followers instagram pada warunk upnormal. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 78–88. www.dailysocial.id

Mahendrayasa, A. C. (2013). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA dan 2012 / 2013 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang ). 12(1), 1–7.

Mu’tashim, M. I., & Slamet, A. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Coffee Shop di Kota Bogor). Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 10(2), 118–132. https://doi.org/10.29244/jmo.v10i2.30131

Mulyana, M. (2019). Peran Pemasaran Dalam Masyarakat Dan Perusahaan. 1–6. https://doi.org/10.31227/osf.io/c83qh

Oktavianto, Y. (2014). Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Usaha Mie Ayam Pak Agus Di Kota Batu. Manajemen Bisnis, 3(1). https://doi.org/10.22219/jmb.v3i1.1715

Pratama, S. (2019). Bab II Landasan Teori. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rembon, A., Mananeke, L., & Gunawan, E. (2018). Pengaruh Word of Mouth Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt.Kangzen Kenko Indonesia Di Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(3). https://doi.org/10.35794/emba.v5i3.18675

Ria, K., Antari, M., Dunia, K., & Indrayani, L. (2014). TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA PADA MINI MARKET SASTRA MAS TABANAN.

Rismunawati, P., Rachma, N., & Mustapita, A. F. (2020). Pengaruh Word Of Mouth, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sego Sambel Cak Uut Malang. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(09), 1–20.

Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1803–1813. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5973

Sari, N., Saputra, M., & Husein, J. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Bukalapak.Com. Jurnal Manajemen Magister, 03(01), 96–106.

Sindunata, I. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Sukanti. (2008). Konsep Pemasaran dan Proses Manajemen Pemasaran. Modul 1, 1–41.

Wijayanti, H., & Handayani, C. M. S. (2015). Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite Pada Pt.Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah Ekonomi, 20(1), 109–123.

Yuliyani. (2021). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Daya Tarik terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Pinus Pengger Kabupaten Bantul. Media Wisata, 19(1), 42–56. https://doi.org/10.36276/mws.v19i1.65




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.4122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.