PENGARUH MOTIVASI TERHADAP MINAT BELI TEMBE ME’E DONGGO THE EFFECT OF MOTIVATION ON INTEREST IN BUYING TEMBE ME'E DONGGO

Nurkomalawati Nurkomalawati, Aliah Pratiwi

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena ketertarikan masyarakat Donggo terhadap Tembe me’e Donggo dengan harapan tujuan peneliti untuk mengetahui apakah Motivsi berpengaruh terhadap Tembe Me’e Donggo. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif ,penelitian ini diukur dengan menggunakan kuensioner pada pengguna skala likert.  Adapun populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang pernah membeli dan menggunakan tembe me’e donggo yang jumlahnya tidak bisa diketahui secara pasti (unknow population). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Sedangakan teknik pengambilan sampel digunakan adalah purposive sampling. Tehnik analisa datanya meliputi uji validitas, uji rentabilitas, regresi linear sederhana, koefisien korelasi sederhana, uji determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi berpengaruh terhadap minat beli Tembe me’e Donggo.

 

Kata Kunci : Motivasi, Minat beli, Tembe Me’e Donggo

 

Abstract

 

This research is motivated by the phenomenon of Donggo people's interest in Tembe me'e Donggo with the hope that the researcher's goal is to find out whether motivation has an effect on Tembe Me'e Donggo. This type of research is associative research, this research is measured using a questionnaire on a Likert scale user. The population in this study is all people who have bought and used tembe me'e donggo whose number cannot be known with certainty (unknown population). The number of samples in this study were 50 respondents. While the sampling technique used is purposive sampling. The data analysis technique includes validity test, profitability test, simple linear regression, simple correlation coefficient, determination test and t test. The results showed that motivation had an effect on buying interest in Tembe me'e Donggo.

 

Keywords : Motivation, Buying Interest, Tembe Me'e Donggo

Keywords


Motivasi, Minat beli, Tembe Me’e Donggo

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Adilang (2014) Persepsi,Sikap Dan Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online. Jurnal EMBA Vol.2 No.1 Maret 2014. Falkutas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Agusty Ferdinand. 2012. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis, Dan Disertai Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Book, Fakutas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Andrew, Silvia dan Mitardjo. 2016. Pengaruh Sikap, Normasubjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Jurnal EMBA. 4 (1) Maret.

Binalay. 2016. Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado. Jurnal EMBA, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado 395 Vol. 4 No. 1 Maret 2016, Hal. 395-406.

Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Rised Ekuitas Dan Perilaku Merek (cet. Ke.-10). Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPPS. Semarang : Universitas Diponegoro.

G. Joel., J.D.D. Massie., J.L. Sepang. (2014). Pengaruh Motivasi, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sepeda Motor Matic Merk Yamaha Mio Di Kota Manado. Jurnal EMBA Vol 2 No. 3. ISSN 2303-1774. Manado.

Kolter Dan Keller. 2012 (Terj. Bob Sabran) Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta : Erlangga

Lendo, R. R. (2013). The Influence of Motivation and Consumer Attitude on Online Shop Purchase Decision. Faculty of Economics and Business, International Business Administration (IBA) Program. University of Sam Ratulangi Manado

Nugraha, B. A.2013 Persepsi Terhadap Store Atmosphere Dengan Minat Beli Konsumen Di Hypermarket. Jurnal Online Psikologi. Vol. 1(2). Hal 515-528.

Oentoro, D. 2012, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo,Penerbit LaksBang PRESSindo, Yogyakarta.

Rubianti, R., 2014. Minat Membeli Di Media Online Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Jurnal Pnline Psikologi, Vol 02 (1).

Satrio dan adarsih. 2019. Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Laptop Pada Mahasiswa Tanggerang. Jurnal Communication.(1) April.

Schiffman, L.G & Kanuk, Leslie L. (2013). Customer Behavior Edisi 08 New jersey : Prentice Hall.

Schiffman, L.G & Wisenblit, J. L. (2015). Customer Behavior Edisi 11 Global Edition. England : Pearson Education Limited.

Setiadi. 2013. Perilaku Konsumen : Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Predana

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.

Tilar, Lapian dan Roring. (2018). Pengaruh Kepercayaan Daan Otivasi Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee Secara Online Pada Anggota Pemuda GMIM Zahitun Mahakeret. Jurnal EMBA 6 (4) September.

Tompunu, M. 2014. Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran Dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di KFC Bahu Mall Di Manado. Jurnal EMBA ISSN 2303-1174, Vol.2. Jurusan Managemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis- Universitas Sam Ratulangi




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i1.4429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.