STUDI TRANSFORMAS PASAR RAYA KOTA PADANG AKIBAT BENCANA ALAM GEMPA 2009

Indri Astuti Maulana

Abstract


Pasar memiliki peranan penting yang ada pada suatu kota karena membantu pergerakan ekonomi didalamnya. Hadirnya sebuah pasar tentunya berdampak juga pada warna wajah kota, namun bagaimana dengan pasar yang terus mengalami transformasi akibat bencana alam. Pasar Raya Kota Padang terletak di dataran yang tinggi akan resiko bencana seperti gempa. Tercatat di dua dekate terakhir bencana besar yang melanda yaitu gempa pada tahun 2009, banyak hal yang dikorbankan termasuk bangunan. Kerusakan yang cukup berat dan berdampak pada pergerakan masyarakat kota yaitu Pasar Raya. Jadi untuk melihat perubahan apa saja yang terjadi  di pasar raya dalam segi arsitektur akan dibahas melalui tiga elemen yaitu manusia, aktivitas dan ruang, menggunakan metode sinkronik untuk mengamati kondisi aktual ruang ekonomi kota saat ini dan diakronik untuk mengeksplorasi perkembangan ruang ekonomi kota dan interpretasi fakta-fakta sejarah. Patahan waktu akan menjadi penting pada pembahasan ini karena berbicara tentang sejarah, untuk itu waktu yang diambil ada tiga kategori yaitu pragempa, saat gempa, dan pasca gempa. Dengan demikian didapati kesimpulan bahwa Pasar Raya mengalami transformasi yang cukup besar dari segi fungsi ruangnya.


Keywords


Pasar Raya; Transformasi; Arsitektur; Sikronik, Diakronik, Waktu

Full Text:

PDF

References


Alvares, Eko. 2002. Morfologi Kota Padang. Yogyakarta: Disertasi Universitas Gadjah Mada.

Amar, 2009. IDENTITAS KOTA, FENOMENA DAN PERMASALAHANNYA. Jurusan Arsitektur FT ‐ Untad

Bata, Aprisela Previa Petris, dkk. 2019. Eksistensi Pasar Tradisional Bersehati Terhadap Tata Ruang Kota Manado. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Colombijn, Frank. 2006. Paco-Paco Kota Padang. Yogyakarta: Ombak.

Ernawati, Jenny. 2011. Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat Jenny Ernawati. Brawijaya: Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

Firdausi, Fairuuz Syafiqoh, dkk. 2018. Pendekatan Transprogramming untuk Mewujudkan Efisiensi Ruang berdasarkan Perubahan Aktivitas dan Waktu. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Guenther Botschen, Kurt Promberger, Josef Bernhart, (2017) "Brand-driven identity development of places", Journal of Place Management and Development, Vol. 10

Lynch, Kevin. 1982. Image Of The City.

Maulana, Indri Astuti, 2020. Transformasi Pasar, sebagai Salah Satu Wujud Identitas Kota di Padang. Padang: Tesis Universitas Bung Hatta.

Permana, Asep Yudi dan Karto Wijaya. 2013. KOTA BANDUNG: Kota Pendidikan antara Citra dan Identitas Kota.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v9i3.4522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.